Mohon tunggu...
Putra Bagaskara
Putra Bagaskara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Hubungan Internnasional Universitas Padjajaran

Saya adalah seorang mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjajaran. Saya memiliki ketertarikan dan juga hobi di dunia Multimedia yang telah saya tekuni sejak saya masih SMA, terutama pada bidang desain grafis serta media dan publikasi. Saya juga memiliki ketertarikan baru terkait dunia Content Writing yang baru saja saya tekuni di awal tahun 2022. Saya tidak hanya menulis topik-topik yang berkaitan dengan bidang saya, yakni bidang politik dan juga hubungan internasional, tetapi juga menulis semua topik termasuk kesehatan, teknologi, dan juga kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

5 Trik Atasi Smartphone Android Kamu yang Sering Ngelag

22 Agustus 2022   16:20 Diperbarui: 22 Agustus 2022   16:27 176 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Smartphone (pexels.com/lisa fotios)

Ponsel yang sering nge-lag atau lemot memang merupakan hal yang menjengkelkan bagi setiap orang. Apalagi, bagi orang yang tak bisa lepas dari penggunaaan ponsel seperti mahasiswa, pekerja kantoran, guru, dosen, atau bahkan freelancer

Bagi mereka, tentunya ponsel yang sering nge-lag sungguh menjadi masalah yang amat meresahkan karena ponsel merupakan salah satu alat yang paling mudah dipakai untuk meringankan tugas maupun pekerjaan-pekerjaan mereka.

Sebenarnya, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan ponselmu tak dapat bekerja secara optimal, mulai dari memori RAM atau memori internal yang penuh, banyaknya cache pada sebuah aplikasi, sistem operasi yang belum diberi update, atau bisa saja karena banyaknya file-file sampah tersembunyi yang tak diketahui keberadaannya. 

Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan guna mengatasi masalah ketika ponselmu sedang tak bekerja secara optimal alias nge-lag. Lalu, bagaimana sih cara mengatasinya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Hapus cache

Cache merupakan file sampah yang tersimpan di memori internal yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi di ponselmu sehari-hari. Dengan kata lain, makin sering kamu menggunakan aplikasi tersebut, maka makin banyak pula file cache yang akan muncul di ponselmu. Selain dapat membuat ponselmu lemot atau lag, file cache ini juga dapat membuat kinerja aplikasi yang ada di ponselmu menjadi kurang optimal.

Maka dari itu, jika ponselmu mengalami lag, mungkin saja sudah terdapat banyak file cache yang bersemayam di aplikasi ponselmu yang memenuhi ruang penyimpanan di memori internal. Maka dari itu, alangkah baiknya periksalah file-file cache di setiap aplikasi yang ada ponselmu. Jika kamu menemuinya, maka hapuslah file-file sampah tersebut dengan langkah-langkah sebagai berikut:

(Dokumen Pribadi)
(Dokumen Pribadi)

1. Pergi ke setting kemudian klik menu apps

2. Pilihlah salah satu aplikasi yang akan kamu hapus file cache-nya. Sebagai contoh di sini saya memilih aplikasi Google Chrome

3. Setelah itu, klik menu storage dan klik tombol clear cache

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan