Mohon tunggu...
Puspa Persia
Puspa Persia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Gunadarma 2021

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Tren Aplikasi Pelacak Lokasi Real-Time Pasangan: Zenly

5 Juli 2022   10:51 Diperbarui: 5 Juli 2022   20:22 350 8 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Mengetahui lokasi pasangan sudah menjadi tren pada masyarakat millennial hingga gen z pada saat ini. Dengan seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi, banyak cara yang dilakukan untuk mencari/melacak lokasi pasangan salah satunya dengan menggunakan aplikasi pelacak lokasi yaitu Zenly

Baik kamu dan pasangan harus menginstal aplikasi tersebut di smartphone masing-masing. Berbeda dengan kebanyakan aplikasi lain yang butuh proses rumit, Aplikasi Zenly ini juga bisa digunakan untuk melacak lokasi orang yang mendaftarkan nomor ponselnya. 

Dengan begitu, aplikasi ini bisa melacak orang lain menggunakna nomor ponsel mereka. Selain itu, aplikasi pelacak lokasi ini juga sangat penting guna menunjang system keamanan karena dapat memastikan lokasi seseorang atau perangkat.

Aplikasi Zenly ini merupakan bagian dari Snap Inc, dimana layanan tersebut sudah dipakai oleh jutaan orang di seluruh dunia untuk mengetahui kabar dari orang - orang yang ingin mereka ketahui seperti orang terdekat, baik itu pasangan, keluarga ataupun sahabat.

Saat ini terdapat 35 juta pengguna Zenly aktif yang memetakan dunia secara real time. Pada bulan Maret, aplikasi ini adalah aplikasi ke-10 dalam kategori aplikasi sosial yang paling banyak diunduh secara global berdasarkan data.ai. Peringkat ini juga berarti bahwa Zenly diunduh lebih banyak daripada Twitter dan Discord di seluruh dunia, dimana Jepang adalah pasar terbesar aplikasi ini.

Versi Zenly yang terbaru secara full diluncurkan kepada pengguna, mendukung visi perusahaan untuk menggabungkan aplikasi sosial dengan semua utilitas. Desain Zenly ini disebut dengan desain V5. Desain ulang ini membawa fitur sosial baru ke Zenly seperti profil publik dan check-in untuk tempat, memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan identitas mereka berdasarkan di mana mereka menghabiskan waktu IRL (in real life).  

Desain Zenly V5 juga mengizinkan penggunanya untuk membangun peta dunia pribadi. Caranya, dengan menyatukan teman, tempat, dan jejak kaki (daerah yang telah ditemukan seperti peta awal virtual) ke peta Zenly utama.

Zenly hadir untuk membuat pengguanannya merasa terhibur dengan banyak fitur yang zenly berikan. Tak hanya pelacakan lokasi saja. Zenly juga memungkinkan penggunanya chatting dengan sesama pengguna aplikasi. Lebih dari itu, pengguna bahkan dapat melihat isi baterai HP pengguna lainnya. Berikut merupakan fitur yang zenly berikan :

  • Melacak lokasi pengguna Zenly dengan syarat sudah menjadi teman di aplikasi zenly tersebut secara Real-Time
  • Bisa melihat peta dunia di aplikasi Zenly dan membagikan lokasimu secara Real-Time
  • Kita bisa mengobrol dengan sesama teman Zenly dan mengirimkan voice note dengan takarir otomatis, berbagai emoji dan kustomisasi teks, serta foto dan video
  • Menambahkan tempat yang telah kamu kunjungi ke peta yang ada di Zenly
  • Seperti halnya snapgram di Instagram zenly mempunyai fitur "duniamu" dengan dapat Membagikan "duniamu" secara publik untuk menunjukkan lokasi dan di mana kau menghabiskan waktu sehari-hari dan sebaliknya, melihat "dunia" orang lain juga.
  • Memastikan apakah temanmu pernah pergi ke lokasi yang sekarang kamu tuju sehingga kamu bisa bertanya kesan dan pesannya
  • Mendapatkan navigasi ke tempat tujuan dengan mudah seperti halnya di aplikasi maps
  • Menggunakan fitur Bump. Caranya, goyangkan HP kalian dan nikmati keseruan fitur Bump di Zenly. Fitur Bump ini bisa digunakan dengan cara kita harus berada di satu tempat bersama dengan teman lalu fitur Bump ini akan menunjukan di aplikasi Zenly kita kalau kita sedang hang out bersama teman.

Dengan banyaknya fitur yang Zenly berikan tak banyak pasangan yang mengakhiri hubungannya karena aplikasi Zenly ini. Biasanya pasangan yang berakhir dikarenakan berbohong kepada pasangannya sendiri dengan menyampaikan bahwa pasangannya dirumah ternyata saat di cek di aplikasi Zenly, pasangannya tersebut berada di tempat lain bersama selingkuhannya.

Namun pengguna Zenly tidak perlu lagi menaruh banyak kekhawatiran. Sebab, jika kita mengetuk ikon di pojok kiri bawah, maka akan menampilkan sejumlah menu. Kemudian ketuk ikon yang berada di sebelum menu pengaturan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan