Mohon tunggu...
Puspa Arum Mekaridanto
Puspa Arum Mekaridanto Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

6 Sayuran untuk Kesehatan Ginjal

31 Agustus 2018   12:27 Diperbarui: 31 Agustus 2018   12:35 0 0 0 Mohon Tunggu...
6 Sayuran untuk Kesehatan Ginjal
catmemetube.com

Ginjal merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh. Untuk itu, harus menjaga kesehatan ginjal agar berfungsi dengan baik. Fungsi ginjal adalah menyaring darah, membentuk urine, menjaga keseimbangan dalam tubuh, mengekresikan zat yang merugikan bagi tubuh, memproses ulang zat, penghasil zat dan hormon, menjaga tekanan osmosis dan menjaga PH darah.

Mengutip dari CNNIndonesia, beberapa sayuran yang bernafaat untuk kesehatan ginjal:Paprika merah, kandungan potasium yang rendah baik untuk ginjal. Kubis, sayuran hijau ini bebas dari potasium. Bawang putih, sifat diuretik dalam sayuran ini membantu mengeluarkan soduim dan air berlebih dalam tubuh.Kembang kol, kandungan asal folat dan serat mampu membersihkan ginjal.

Asparagus, vitamin A, C, E, dan K yang terkandung didalamnya mampu mencegah batu ginjal.Kale, sayuran ini mengandung vitamin A, C, kalsium, dan mineral yang ampuh untuk memperkuat fungsi ginjal. Selain mengkonsumsi beberapa sayuran diatas, cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengatur pola makan. Disarankan untuk makan sayur-sayuran organik, kurangi konsumsi garam berlebih, konsumsi makanan rendah lemak, dan jauhi makanan olahan.

Minum air putih minimal 6-8 gelas per hari sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal. Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak dapat meringankan kerja ginjal sehingga urine yang dihasilkan tidak berwarna pekat.Kemudian, lakukan olahraga rutin serta aktif bergerak. Olahraga bisa dilakukan dengan cara yang mudah seperti jogging atau berjalan kaki minimal 30 menit sehari. 

Hindari konsumsi alkohol dan berhenti merokok juga harus dilakukan demi menjaga kesehatan ginjal.Jika kesehatan ginjal tidak dijaga, maka dapat menimbulkan beberapa penyakit. 

Penyakit batu ginjal salah satu yang sering terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh pengendapan zat-zat dan mineral tertentu di dalam darah sehingga membatu di dalam ginjal. Salah satu penyebabnya adalah karena sering menahan buang air kecil.

Penyakit lainnya yaitu infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada sistem saluran kemih. Kemudian, penyakit gagal ginjal yang disebabkan oleh dehidrasi, efek samping obat, tekanan darah tinggi, dan diabetes. 

Biasanya penyakit gagal ginjal yang sudah parah akan memerlukan cuci darah atau bahkan transplantasi ginjal.Adapun ciri-ciri mengidap penyakit ginjal yaitu terdapat ruam-ruam dan gatal pada kulit. Hal ini disebabkan karena kotoran yang harusnya dibuang oleh ginjal tidak dikeluarkan secara maksimal. 

Ciri selanjutnya yaitu sering terasa sakit di bagian pinggang, sakit saat buang air kecil, dan warna urine berubah menjadi pekat.Jaga selalu kesehatan tubuh Anda dari sekarang. Jika sudah sakit maka biaya yang dikeluarkan akan lebih besar melebihi kebutuhan sehari-hari.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x