Mohon tunggu...
Pusma Ulpina
Pusma Ulpina Mohon Tunggu... Always Do My Best...

Always do my best and to be a good person, good attitude to each other

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Berwirausaha di Masa Pandemi

25 Februari 2021   13:16 Diperbarui: 25 Februari 2021   13:43 87 2 0 Mohon Tunggu...

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa sih Kewirausahaan itu ? Kewirausahaan adalah sebuah proses usaha kreatif yang dilakukan bersasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Seperti yang kita ketahui, sudah satu tahun lamanya diseluruh dunia khususnya di negara kita Indonesia yang sampai saat ini Pandemi Covid-19 belum juga selesai dan tidak tahu sampai kapan akan berakhirnya. Pandemi covid-19 sendiri menyebar di Indonesia sejak awal maret tahun 2020 tahun lalu, dan memberikan dampak pada berbagai aspek kehidupan Semenjak penyebaran pandemi covid-19 di Indonesia semakin meluas, pemerintah genjar menghimbau masyarakat untuk beraktifitas di rumah, belajar di rumah dan bekerja dari rumah. Dengan adanya himbauan beraktifitas dirumah kita dapat mempunyai waktu luang untuk melakukan aktifitas apa saja di rumah.

Waktu luang tersebut dapat kita manfaatkan untuk melakukan berbagai hal, misalnya saja seperti berkebun, memasak, berolahraga dan aktifitas lain yang sebelumnya sulit kita lakukan karena kepadatan rutinitas kita semua. Bahkan karena berangsurnya pandemi yang tidak kunjung selesai ini mengakibatkan banyak orang yang putus bekerja karena terkena dampak PHK dari perusahaan tempat bekerja sehingga mengakibatkan sebagian besar masyarakat merasakan dampaknya, masyarakat banyak mengalami kekacauan keuangan.

Namun pada masa pandemi ini kita bisa mencoba bagaimana kita bisa berinovasi secara cepat dan tepat dan mampu untuk menjawab tantangan yang saat ini kita hadapi. Jadi kita diharuskan untuk dapat mengatur keuangan kita di masa pandemi sekarang ini, apalagi saat ini situasi ekonomi Indonesia sedang buruk, jika tidak menerapkan kiat menjadi wirausaha yang tepat maka akan berdampak pada masa depan kita. Karena banyak kebiasaan hidup yang berubah termasuk cara berbisnis untuk kalangan wirausaha.

Disini saya mencoba berbagi beberapa tips agar dapat menambah panghasilan di masa pandemi saat ini dengan kita mencoba berwirausaha :

  1. Untuk berwirausaha di masa pandemi kita harus pintar dalam hal pemasaran produk, coba manfaatkan media sosial untuk strategi pemasaran. karena banyak peluang untuk usaha.
  2. Menentukan usaha atau bisnis apa dan bidang apa yang akan dijalankan.
  3. Menetapkan fokus pada satu bidang itu, karena nantinya kita akan tahu plus dan minus apa saja yang harus diperhatikan dan dipersiapkan.
  4. Mempersiapkan modal yang kuat
  5. Mempersiapkan skill dan inovasi agar tidak tertinggal dengan pengisaha atau saingan usaha lainnya.
  6. Jangan mudah menyerah dan harus tetap berusaha, Jual sesuatu yang dibutuhkan banyak orang.
  7. Harus berani melakukan perubahan, dan menciptakan value.

Maka dari itu kita sebagai wirausaha muda ayo tetap berinovasi dan kreatif untuk mencari solusi agar kita bisa bersama-sama keluar dari pandemi masyarakat dan pemerintah juga sama-sama saling mendukung agar roda ekonomi terus bangkit dan segera terwujud, kesehatan pulih dan ekonomi bangkit.

Demikian sedikit penjelasana saya, mudah-mudahan bermanfaat ya, terima kasih

VIDEO PILIHAN