Mohon tunggu...
Purwani Wijayanti
Purwani Wijayanti Mohon Tunggu... Hobi Menulis

Berawal dari hobi menulis kutekuni dunia literasi. Walaupun karyaku masih berupa artikel-artikel dan puluhan antologi tetapi tetap semangat tuk terus menambah ilmu tanpa kenal usia. Sebagai Mak Comblang Joeragan Artikel, sambil terus menambah ilmu dan komunitas di literasi, dan masih ngantor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

6 Manfaat Tersembunyi Mengonsumsi Bawang Putih Mentah secara Rutin

9 Agustus 2019   14:53 Diperbarui: 9 Agustus 2019   21:14 206 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Manfaat Tersembunyi Mengonsumsi Bawang Putih Mentah secara Rutin
 Sumber Gambar : Pinterest

    

Hai, Sahabat Kompasianer....

Hampir semua orang  tahu  bawang putih dan dipastikan setiap rumah memilikinya. Namun sudah pahamkah manfaat yang tersembunyi dari bumbu dapur mungil ini yang mampu menambah citra rasa setiap masakan.  Selain rasa yang kuat dan ampuh sebagai bumbu masak, ternyata bawang putih mempunyai khasiat untuk kesehatan.

Manfaat bawang putih dapat dirasakan maksimal jika dikonsumsi secara mentah. Jika mengonsumsi bawang putih yang sudah dimasak dapat menghancurkan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Lantas apa saja manfaat bumbu dapur tersebut? Mari kita simak.

1. Mencegah Flu dan Pilek

Bawang putih dapat mencegah flu dan pilek karena diduga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Seperti dilansir Tribunstyle dari Health Me Up yaitu kandungan nutrisi pada bawang putih memiliki vitamin C, mineral, seperti selenium, enzim, dan senyawa mengandung sulfur.

2. Untuk Kesehatan Jantung

Bawang putih juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dalam allicin dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan efek pengencer darah yang mempu membantu sirkulasi darah. 

3. Untuk Kesehatan Saluran Cerna

Khasiat bawang putih tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga baik untuk kesehatan saluran cerna. Zat allisin yang terkandung di dalamnya dapat digunakan untuk melawan infeksi bakter H.pylori di lambung. Bagi yang mempunyai masalah pencernaan, mencoba mengonsumsi bawang putih mentah dapat menjadi pilihannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x