Mohon tunggu...
Anak Terakhir
Anak Terakhir Mohon Tunggu... Merupakan catatan yang ingin di sampaikan

Everything gonna be allright

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sikap Zuhud dan Wara' di Era Pandemi

26 November 2020   11:09 Diperbarui: 26 November 2020   11:15 61 1 0 Mohon Tunggu...

Zuhud bermakna meninggalkan sesuatu yang disenangi baik bersifat material maupun duniawi karena menginginkan sesuatu yang lebih dari itu di akherat nanti.

Sedangkan istilah wara' dapat diartikan meninggalkan perkara mubah yang berlebihan, meninggalkan sesuatu yang bukan urusanya(dikuasainya).

Penerapan sikap zuhud dan wara di era covid yaitu dapat memprioritaskan hal yang bersifat penting saja demi kebaikan bersama. Ketika di rumah saja, kita menjadi lebih banyak waktu untuk waktu untuk beribadah, uang yang biasa dihabiskan untuk bepergian atau belanja bisa disisihkan untuk membantu sesama yang terdampak pandemi. 

Selain itu, tidak turut dalam menyebarkan hoaks, tidak menyampaikan pendapat hanya berdasar subjektivitas termasuk sikap meninggalkan sesuatu yang  bukan urusannya.

Adanya pandemi covid, menyadarkan  terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan supaya tidak tertular virus penyakit.

Kita menjadi yakin bahwa kapan saja kita bisa saja sakit atau meninggal karena di dunia ini kita hanya sementara.

Oleh karena itu, manfaatkan waktu dan kesempatan yang ada untuk hal-hal yang produktif, positif, bermanfaat dan kegiatan yang dapat mengundang pahala agar kita bisa masuk ke surga.

VIDEO PILIHAN