Mohon tunggu...
Puput Yuniar
Puput Yuniar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Aktif

Hai! Aku Puput Yuniar, suka menulis dan tentu akan berbagi pengalaman menarik di sini!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Mahasiswa Wajib Punya Aplikasi Ini!

30 November 2022   21:10 Diperbarui: 30 November 2022   21:13 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Tentu sebagai mahasiswa, tidak jauh dengan proposal, makalah, laporan, dan tugas-tugas tertulis lainnya. Perlunya referensi dari jurnal penelitian ini memiliki peran yang sangat penting diantaranya untuk menunjang valid tidaknya apa yang kita cantumkan di paper. 

Mahasiswa dilanda galau terkait dimana jurnal penelitian ini didapat? apakah sumber ini valid? Dan bahkan apakah mahasiswa harus manual menghafal bagaimana mencantumkan referensi pada paper miliknya yakni PETAJUKOPEN (Penulis,Tahun terbit, Judul, Kota terbit, Penerbit).

Rumit sekali rasanya apabila kita harus manual untuk mencari dan menambahkan referensi. Selain scroll-nya cukup lama untuk menemukan jurnal yang relevan dengan tugas kamu, juga cukup membuang tenaga apabila kamu harus menulis manual referensi yang sebegitu banyak.

Yuk move on dengan cara baru ini!

1. Publish or Perish, aplikasi ini merupakan tools untuk mencari jurnal penelitian dari beberapa source yang valid yakni salah satunya adalah Google Schoolar! Kamu bisa menemukan jurnal yang relevan dengan yang kamu bahas dari 50-1000 jurnal dala kurun waktu yang cukup singkat! Jadi tak perlu berlama-lama scool karena cukup cantumkan judul, penulis bila ada, dan kata kunci mengenai apa yang ingin kamu cari, bahkan kamu juga bisa mencari jurnal internasional, udaaaaahh! 

Ga perlu ragu dengan validitas aplikasi ini!

2. Mendeley, aplikasi ini membantu kamu untuk mencantumkan referensi pada daftar pustaka dengan mudah dan otomatis! Kamu cukup download saja Mendeley di Windows kamu, dan apabila sudah kamu tinggal import saja file jurnal referensi yang sudah kamu simpan ke Mendeley. Setelah itu, kamu dapat mencantumkan citation di dokumen kamu dengan otomatis baik menggunakan style APA maupun lain sebagainya. 

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, ini adalah sebuah penyesalan dan keberuntungan secara bersamaan. Karena menyesal baru tahu mengenai eksistensi kedua aplikasi ini, dan merasa sangat beruntung karena suudah dipertemukan oleh kedua aplikasi ini karena sangat amat mempermudah saya sebagai mahasiswa dan menyimpan cukup banyak waktu dari proses mereka yang otomatis. Sata sangat amat merekomendasikan aplikasi iniii!!!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun