Mohon tunggu...
Puput Puji Rahmawati
Puput Puji Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hidup Itu Butuh Inspirasi, Bro

It's me 🦊

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Berawal dari Suka Makan Berakhir Menjadi Hobi

3 Maret 2022   18:20 Diperbarui: 3 Maret 2022   18:29 7121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Hai....

Kenalin nama aku Puput Puji Rahmawati, aku merupakan anak tunggal dari kedua orang tua aku yang tinggal di Cilacap , Jawa Tengah. Saat ini aku masih menjadi salah satu mahasiswi aktif disebuah Universitas Islam Purwokerto.

Sebelum aku menceritakan tentang hobiku, disini aku mau bilang kalo aku suka banget dengan berbagai jenis makanan entah itu Makanan berat, makanan ringan atau dessert. Nah dari situ, aku mulai berfikir bahwa " wah... Pasti bakal hebat banget kalo aku bisa bikin sendiri makanan yang aku mau " dari pemikiran itulah, aku mencoba untuk belajar memasak entah itu dari ibu aku atau bahkan media sosial ( internet ).

Yup, dari paragraf diatas pasti kalian udah tau apa hobi aku . Hobi aku adalah Memasak. Oleh karena itu, disini aku akan menceritakan sedikit tentang hobi aku. Dan inilah ceritaku.

Menurut aku pribadi, memasak merupakan suatu  kegiatan dimana kita dapat menciptakan sebuah makanan dari bahan-bahan mentah menjadi makanan matang yang enak sesuai dengan cita rasa yang kita inginkan. Untuk manfaat memasak sendiri, yang aku rasakan adalah memperbaiki mood aku yang sedang buruk. Saat aku dalam mood yang buruk,  biasanya aku memperbaikinya dengan berkreasi dalam memasak. Selain untuk menyalurkan hobi, memasak sendiri bisa dijadikan ide bisnis untuk mendapatkan uang. Kamu bisa menciptakan atau mengkreasikan sendiri jenis makanan apa yang ingin kamu jual. Menurutku Itulah keuntungan dari memasak sendiri. Selain menjadi ide jualan, memasak sendiri makanan yang akan kita makan juga menjadi salah satu alternatif menjaga kesehatan tubuh. Dimana, kita dapat memilih bahan-bahan yang higienis dan sehat untuk makanan yang akan kita konsumsi. Sementara itu, untuk kekurangan memasak sendiri menurut aku tidak ada. Karena hampir dimanapun pasti orang-orang butuh makanan. Mungkin kekurangan itu ada pada bahan-bahan yang akan dimasak, cara atau teknik memasaknya. Karena suatu makanan apabila bahan-bahan yang digunakan tidak higienis menurutku dapat mengakibatkan penyakit, dan apabila kita memasak makanan dengan teknik atau cara memasak yang salah itu juga tidak baik. Contohnya saat proses memasak tidak dilakukan dengan cara yang benar, protein yang terkandung dalam makanan dapat terdenaturasi atau kehilangan struktur karena panas. Semakin dipanaskannya protein, maka akan semakin terdenaturasi dan semakin kecil kemungkinan untuk tubuh mendapat keuntungan dari senyawa yang ada dalam bahan makanan tersebut ( vitamin, protein dsb ).

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa awal mula kenapa aku suka banget sama hobiku ini yaitu karena pemikiran aku sendiri tentang betapa hebatnya apabila aku bisa menciptakan atau mengkreasikan masakan yang belum pernah ada dengan cita rasa masakan yang sesuai dengan apa yang aku inginkan. Bahkan, memasak juga dapat memperbaiki moodku.

Sekian,

Terima kasih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun