Mohon tunggu...
puji handoko
puji handoko Mohon Tunggu... laki-laki tulen

Hidup untuk menulis, meski kadang-kadang berlaku sebaliknya.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Transisi ke Era Kendaraan Listrik, Masa Depan yang Tak Terelakkan

6 Oktober 2020   20:47 Diperbarui: 7 Oktober 2020   04:02 388 11 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Transisi ke Era Kendaraan Listrik, Masa Depan yang Tak Terelakkan
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU) | Sumber: Kompas.com/Rina Ayu Larasati

Jika membaca riwayat pabrikan mobil listrik Tesla, awalnya perusahaan itu berdiri karena melihat fakta perusahaan otomotif enggan beralih dari energi fosil ke listrik. Sebab jika mereka beralih, akan ada banyak lahan bisnis yang sudah mapan tutup. Maka dunia otomotif ada semacam praktik main mata dengan pengusaha energi fosil.

Di awal berdirinya, Tesla mengalami berbagai hambatan. Ide yang dijual Iron Man di dunia nyata, yakni Elon Musk itu tidak laku. Namun kemudian nasib baik berpihak padanya. 

Seiring dengan masuknya pendanaan dan animo masyarakat yang besar terhadap kendaraan listrik, kini nama Tesla membuat pabrikan otomotif lain gemetar.

Pabrikan otomotif konvensional memang sudah ancang-ancang menyiapkan produk kendaraan listrik mereka. Tapi mereka tidak melakukannya secara total. 

Tesla telah jauh melampaui semua itu. Perusahaan ini bahkan membuang jauh-jauh romantisme dengan energi fosil. Yang menurut Toyoda, pendiri Toyota, itu merupakan kenangan yang melekat. Ia selalu merindukan bau asap dan deru mesin.

Masyarakat dunia menyambut baik ide Tesla itu. Ini adalah masa peralihan dari era energi fosil yang kotor menuju energi yang lebih ramah lingkungan. Dan sesuai dengan sifat alaminya, ada yang muncul ada pula yang tenggelam.

Di Indonesia, selain PLN, yang berkecimpung di dunia energi adalah Pertamina. Menurut Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin, sebanyak 60%-65% pendapatan Pertamina berasal dari BBM. Itu artinya, sumber pendapatan utama berasal dari konsumsi masyarakat pada energi fosil.

"Belum semua orang tahu bahwa Pertamina income-nya 60-65% datangnya dari jual BBM. Transisi sistem energi kedua, yang terjadi apa, orang akan menjauhi energi yang berasal dari karbon yaitu BBM. Dan sudah mulai terlihat sekarang orang-orang muda seneng pakai mobil listrik," kata Budi, sebagaimana dikutip Warta Ekonomi, Selasa 6 Oktober 2020.

Dalam waktu dekat semua itu akan berubah. Jika kendaraan listrik semakin murah dan orang-orang mulai beralih ke sana, itu adalah awal dari sebuah era baru, era kendaraan listrik. Mungkin tidak terjadi dalam waktu cepat, tapi mendekati proses itu akan ada peralihan yang mengubah banyak hal.

Mengacu pada pernyataan Wamen BUMN, ini adalah kesempatan bagi PLN untuk mempersiapkan diri. Zaman keemasan telah ada di depan mata. 

Dan bergulirnya tren baru ini tak dapat dicegah, kecuali ada peristiwa luar biasa, perang dunia ketiga misalnya. Maka sejauh itu pula masyarakat akan menyesuaikan diri secepatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x