Mohon tunggu...
Puja Nor Fajariyah
Puja Nor Fajariyah Mohon Tunggu... Mahasiswa, Aktivis Pelajar Islam Indonesia, Kuligrafis

Suka nulis tapi masih belajar baca~

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Artikel Utama

"Support System" dalam Menjalin Hubungan, Mengapa Kita Butuhkan?

26 November 2020   20:33 Diperbarui: 30 November 2020   15:43 361 26 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Support System" dalam Menjalin Hubungan, Mengapa Kita Butuhkan?
Sumber: Cienpies Design on Shuttertstock

"Jangan berjalan di belakangku, karena aku tidak bisa memimpinmu. Jangan berjalan di depanku, karena aku tidak akan mengikutimu. Tapi, berjalanlah di sampingku, aku siap menjadi teman dan support system untukmu"

Kita mungkin pernah mengalami masalah-masalah yang kurang mengenakkan, terkadang ada aja masalah yang buat kita stres. Tapi, mau gak mau itu semua harus dihadapi. 

Di tengah kondisi itu, kadang kita mau cerita tentang masalah yang lagi dihadapi, tapi kita bingung mau cerita ke siapa, mau cerita tentang apa, dan kayak gimana gitu ceritanya. Biasanya sih malah ngerasa gak enak orang-orang. Takutnya, dengan kita curhat kita justru malah menjadi beban ke mereka. 

Tapi kita juga sering dengar gitu kan, pendapat bahwa kalau masalah itu di pendam sendiri, itu juga gak baik dan membuat kita semakin tertekan, dan tidak jarang malah membuat kita semakin stres dan ngaruh ke kinerja kita. Entah itu sekolah, kerjaan, semuanya jadi menurun. 

Nah, dari opening itu aja mungkin kamu sudah memahami kalau ternyata masalah itu penting untuk diceritakan ke orang-orang. Tapi, ya tentunya bukan ke sembarang orang, melainkan ke orang-orang yang bisa kamu percaya

So, buat kamu yang masih bingung tentang bagaimana caranya menceritakan atau menentukan orang-orang yang bisa diajak bercerita, aku akan membahas mengenai hal itu pada tulisanku kali ini.

Well, sebagai makhluk sosial, kita pasti berinteraksi dengan orang lain karena kita membutuhkan orang lain untuk membantu kita. Simpelnya seperti ini, di sekolah atau kampus kita memerlukan teman untuk berkeluh kesah, atau dalam hal pekerjaan kita juga memerlukan teman kerja juga yang bisa kita mintai bantuan ketika lagi hectic

Begitu pula pada kehidupan sehari-hari, kita memerlukan orang lain untuk memproses masalah yang kita alami dan meminimalisir beban yang kita rasain. Nah, hal itu disebut sebagai support system.

Memiliki support system itu artinya kita memiliki teman yang bisa diandalkan ketika sedang mengalami hal yang kurang menyenangkan. Begitu pula sebaliknya, kita juga perlu menyediakan bantuan kita kepada mereka, para support system itu apabila mereka kesusahan dan juga memerlukan bantuan. Jadi ya, seperti timbal balik gitu. Dari sini kemudian pasti muncul pertanyaan, 

"Apa pentingnya support system?" 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN