Andri,dr,SpKJ,FAPM
Andri,dr,SpKJ,FAPM Psikiater

Psikiater dengan kekhususan di bidang Psikosomatik Medis. Lulus Dokter&Psikiater dari FKUI. Mendapatkan pelatihan di bidang Psikosomatik dan Biopsikososial dari American Psychosomatic Society dan Academy of Psychosomatic Medicine sejak tahun 2010. Anggota dari American Psychosomatic Society dan satu-satunya psikiater Indonesia yang mendapatkan pengakuan Fellow of Academy of Psychosomatic Medicine dari Academy of Psychosomatic Medicine di USA. Dosen di FK UKRIDA dan praktek di Klinik Psikosomatik RS Omni, Alam Sutera, Tangerang (Telp.021-29779999) . Twitter : @mbahndi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Sehat Jiwa dan Raga Saat Mudik

10 Juni 2018   22:25 Diperbarui: 10 Juni 2018   22:49 1009 0 0
Sehat Jiwa dan Raga Saat Mudik
dok: psikosomatik.net

Saya berharap tulisan saya ini masih bisa dibaca oleh teman-teman yang akan memulai mudik ke kampung halaman. Beberapa tips yang terkait dengan kesehatan , pola tidur dan istirahat saat mudik semoga bisa membuat perjalanan mudik teman-teman menjadi lebih nyaman. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan mudik kali ini. 

1. Minum Air Yang Cukup 

Mudik kali ini bertepatan dengan musim kemarau. Cuaca panas sepanjang hari bisa membuat para pemudik baik yang dengan motor dan mobil mengalami dehidrasi apalagi jika mereka tetap ingin berpuasa. Coba minum lebih banyak saat sahur minimal dua gelas air putih. Jika di perjalanan sudah waktunya shalat maka kita bisa berhenti dan mencuci muka untuk mengurangi panas yang ada atau mungkin bisa sekalian mandi agar segar terutama yang mudik dengan motor. 

2. Istirahat yang cukup

Kebanyakan pemudik akan merasa kelelahan di jalan saat macet apalagi jika berkendara motor. Saat tahun lalu saya menjalani perjalanan liburan saat H-3 sebelum lebaran, saya juga sempat mengalami kemacetan di saat menuju tol Cipali. Saya sarankan untuk pengendara mobil beristirahat setelah empat jam berkendara non stop dan untuk pengendara motor setiap dua jam. Tujuannya agar tidak terlalu capai dan akhirnya mengurangi konsentrasi. 

3. Tidur yang cukup

Buat para pemudik yang akan berjalan mudik di malam hari dengan kendaraan mobil dan motor, sebaiknya sudah bisa "menabung tidur" beberapa hari sebelum hari mudik tiba. Misalnya biasanya tidur rata-rata 6-7 jam, maka kita bisa menambahkan setengah sampai satu jam setiap malam jelang hari mudik tiba. Saat ingin berjalan malam maka usahakan sorenya anda bisa tidur dulu sekitar 3 jam sebelum akhirnya bisa menjalani perjalanan malam. 

Ingat bahwa setelah lepas jam 2 dini hari memang biasanya sudah tidak terlalu mengantuk namun jam 4 sampai jam 5 pagi adalah saat paling kantul Jika anda bisa berhenti untuk sholat subuh dan sebelumnya sahur maka akan sangat baik sekali agar konsentrasi bisa kembali baik karena badan cukup segar. Jika anda berkendara di siang hari dan mengalami kantuk yang luar biasa, maka anda bisa tidur setengah jam sebelum melanjutkan perjalanan kembali. 

Jangan lebih dari setengah jam karena jika demikian biasanya malah akan semakin mengantuk atau konsentrasi berkurang. Tol yang panjang dan cuaca yang panas sering kali membuat mudah tertidur atau yang sering disebut micro sleep, berhati-hatilah jangan sampai tertidur barang sekejap sekalipun. 

4. Jaga Hati 

Jaga hati agar tidak mudah emosi saat di jalan. Jika memang kita masih bisa mengalah di jalan raya, tidak usah kita ngotot misalnya saat ada kendaraan yang menyerobot dari depan atau dari belakang. Yang penting adalah kita sampai ke tujuan dengan selamat. Buat pengendara roda dua juga harus hati-hati dalam berkendara karena kondisi jalanan yang padat jangan suka menyalip tanpa pikir panjang. 

5. Jangan Lupa Berdoa

Tentu jangan lupa berdoa kepada Tuhan YME agar perjalanan mudik dan liburan kita kali ini selalu dalam lindungan Tuhan YME. Namun jangan lupa untuk tetap tertib lalu lintas dan menjaga kesehatan kita agar kita bisa nyaman dalam liburan dan perjalanan mudik kita. 

Semoga tips kali ini bermanfaat. Selamat Mudik, Selamat Berlebaran bersama Keluarga Tercinta di rumah. Salam Sehat Jiwa