Mohon tunggu...
Pryanka Ramadini
Pryanka Ramadini Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Tahun depan tittle Pryanka Ramadini berubah, dari "Mahasiswi" menjadi "Jurnalis Muda." ✨Berbagi pengalaman yang dikemas menjadi sebuah karya tulisan, adalah pilihan saya untuk menebarkan manfaat dari dahsyatnya sebuah Ilmu.

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Ini 3 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Membangun Personal Branding

16 Juni 2021   18:41 Diperbarui: 20 Juni 2021   08:30 356 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini 3 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Membangun Personal Branding
ilustrasi bimbang membangun personal branding. (sumber: shutterstock via kompas.com)

Kebanyakan orang sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata Personal Branding, salah satu yang sedang ramai dibicarakan oleh banyak orang. 

Personal Branding merupakan cara bagaimana kamu menceritakan dirimu kepada dunia. Kamu ingin dikenal sebagai siapa dengan keahlian apa? Jawaban itu lah yang disebut sebagai personal branding.

Bukankah benar jika setiap orang seharusnya memiliki identitas? Hal ini sangat berguna untuk masa depan karirmu. Karena menceritakan siapa dirimu adalah patokan dan nilai plus dari HRD, untuk menyeleksimu sebelum masuk ke dunia kerja. 

Diluar itu, jika ketertarikan kamu pada dunia bisnis, maka rekan kerja juga sangat membutuhkan identitas siapa dirimu, apa passion yang kamu miliki. Maka dari itu, sangat penting untuk membangun personal branding untuk kepentingan dirimu. 

Namun sebelumnya, ketika akan serius membangun personal branding, ada hal utama yang menjadi langkah awal perjalanmu dan harus diketahui terlebih dahulu sebelum membangun personal branding. Mari simak point-point berikut!

1. Memiliki Visi dalam Hidup

sumber gambar: wapannuri.com
sumber gambar: wapannuri.com
Kata lain dari visi adalah tujuan.Tentu ketika hidup di dunia yang begitu keras, kamu tidak bisa hidup hanya dengan mengikuti alur akan seperti apa dunia kedepannya. 

Memiliki visi hidup yang jelas berarti juga memiliki pendirian yang teguh. Pendirian inilah yang sangat diperlukan dalam membangun sebuah citra dari dalam dirimu.

Cara menetukan visi dalam hidupmu adalah berbicara dengan dirimu sendiri, self-deep talk, dan juga melihat lingkungan sekitar. Bertanya lah pada diri sendiri, hal bermanfaat apa yang mau kamu kontribusikan dalam jangka panjang? Seperti apa kamu akan menggapainya? 

Dengan batasan waktu seberapa lama kamu akan mewujudkannya? Alasan apa yang melatar belakangi tujuan tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebut akan menjadi visi hidupmu. 

Harus diingat selalu, visi hidupmu tidak boleh sembarang visi. Tujuan hidup yang benar adalah yang spesifik, dan bisa di ukur. Sehingga dengan sendirinya akan diikuti oleh misi-misi yang akan mencapai visi tersebut.

2. Mengetahui Passionmu

sumber gambar: tamasia.co.id
sumber gambar: tamasia.co.id
Setelah memiliki visi dalam hidup, maka selanjutnya akan mulai mengetahui passion apa yang melekat dalam dirimu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x