Mohon tunggu...
Pryanka Ramadini
Pryanka Ramadini Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Tahun depan tittle Pryanka Ramadini berubah, dari "Mahasiswi" menjadi "Jurnalis Muda." ✨Berbagi pengalaman yang dikemas menjadi sebuah karya tulisan, adalah pilihan saya untuk menebarkan manfaat dari dahsyatnya sebuah Ilmu.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Lima Cara yang Dapat Dilakukan Sebelum Memilih Kampus Idaman

14 Juni 2021   23:22 Diperbarui: 15 Juni 2021   07:24 115 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lima Cara yang Dapat Dilakukan Sebelum Memilih Kampus Idaman
visual from: https://www.karantinaui.com

Ada banyak persepsi mengenai langkah apa yang harus dilakukan setelah lulus dari jenjang SMA. 

Mulai dari kamu yang dari awal SMA sudah mempersiapkan untuk ujian masuk perguruan tinggi favorit, kedinasan, fokus ke dunia bisnis, ataupun melakukan hal lainnya sehingga menjadikan gapyear sebagai pilihan awal.

Jika kamu memilih untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan, apakah sudah mengambil langkah yang tepat dalam menetapkan kampus pilihan? Atau mungkin sekarang sedang bingung mau kuliah di kampus yang seperti apa? 

Ada baiknya memang kamu melakukan banyak research, agar tau cara apa yang efektif untuk menentukan kampus impian. Jangan khawatir, berikut lima cara yang dapat dilakukan, agar kamu tidak salah langkah dalam menentukan tempat untuk kuliah.

1. Menetapkan Jurusan dengan Mantap

visual from: https://majalahkampus.com
visual from: https://majalahkampus.com
Kampus adalah tempat dimana kamu akan menimba ilmu selama 4 tahun. Tapi jangan lupa, sebelum meilih kampus idaman kamu sudah harus tahu jurusan apa yang akan kamu ambil, dan alasannya kenapa. 

Karena sepenting-pentingnya kampus, yang lebih penting lagi adalah tujuan bersama passion mu untuk jangka panjang nantinya. Yap, Passion yang sudah ada di dalam diri akan hidup bersama jurusan yang sudah kamu tentukan. Jadi jangan hanya berpikir sebatas universitas favorit, oke.

Contohnya begini, kamu adalah orang yang memiliki ketertarikan serta minat dan bakat di bidang kesehatan, sehingga memilih jurusan kedokteran atau kesehatan masyarakat. 

Tetapi kampus impian mu ternyata tidak menyediakan jurusan yang berhubungan dengan kesehatan. Akhirnya kamu memilih untuk mengubah jurusan demi masuk kampus favorit. 

Keputusan tersebut harus sangat amat dihindari. Karena kamu akan terus berkembang dan menguasai bidang yang sesuai dengan passion mu, bukan kampus mu. Ingat sekali lagi, se-favorit favoritnya universitas tetap harus ada jurusan pilihan mu.

2. Menulis  Beberapa Target Universitas

Visual from: https://diarioregionaldigital.com.br/?p=166891
Visual from: https://diarioregionaldigital.com.br/?p=166891
Setelah memantapkan jurusan pilihan, inilah saatnya kamu fokus ke tempat dimana kamu akan menghabiskan 4 tahun mu nantinya. Mulailah dari menulis atau me-list beberapa target kampus pilihanmu. 

Negri ataupun swasta itu adalah pilihan, silahkan tentukan. Berikutnya cari tahu dan tulis juga beberapa hal penting tentang kampus impian tersebut seperti kurikulum, ranking, predikat apa saja yang sudah pernah diraih dan keaktifan media sosial nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN