Mohon tunggu...
Prilly Naftalika
Prilly Naftalika Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Materi kuliah jurusan S1 PGSD

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konsep Dasar Pembelajaran Tematik Terpadu

25 November 2023   01:23 Diperbarui: 25 November 2023   01:26 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Pembelajaran Tematik Terpadu

Adalah pendekatan pembelajaran yang mencakup berbagai konsep dan topik untuk memberikan pengalaman yang terfokus dan bermakna. Pembelajaran tematik terpadu merupakan suatu proses dimana peserta didik berpartisipasi dalam memahami isi pembelajaran  

Latar Belakang Pembelajaran Tematik Terpadu

  • Permasalahan dan pengalaman belajar siswa yang beragam
  • Tuntutan kerjasama yang tinggi dalam menyelesaikan masalah
  • Kemudahan dalam perencanaan dan pemahaman
  • Efektivitas
  • Partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran lebih tinggi.  

Ciri-Ciri Pembelajaran Tematik Terpadu  

  • Berpusat pada peserta didik
  •  Pengalaman langsung 
  • Perbedaan antar bidang studi tidak kentara (jelas) 
  • Terdiri dari konsep-konsep berbagai bidang pendidikan 
  • Fleksibel 
  • Sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didik

Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu  

Dari sudut pandang tema 

  • Tema tidak terlalu luas 
  • Bermakna
  • Sesuai dengan minat peserta didik
  • Sesuai dengan kejadian nyata 
  • Sesuai dengan kurikulum 
  • Sumber belajar tersedia  

Dari sudut PBM 

  • Guru tidak otoriter
  • Tugas dan tanggung jawab guru  dalam mengrjakan tugas harus tegas 
  • Mampu beradaptasi untuk menampung gagasan dan pemahaman siswa  

Persyaratan Pembelajaran Tematik Terpadu

  • Profesionalan  guru 
  • Penguasaan materi 
  • Cakrawala pendidikan harus luas  

Tujuan Pembelajaran Tematik Terpadu 

  • Menarik perhatian peserta didik pada topik materi yang jelas 
  • Mengembangkan KD antar mata pelajaran dalam tema dan topi yang sama 
  • Pemahaman  yang lebih mendalam dan efektif
  • Memudahkan guru dalam menyiapkan bahan pelajaran yang efektif dan efisien  

Manfaat Pembelajaran Tematik Terpadu

  • Menghilangkan  adanya tumpang tindih materi pelajaran
  • Mempermudah hubungan yang bermakna antar subjek 
  • Pembelajaran menjadi lengkap 
  • Meningkatkan  penguasaan konsep

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun