Mohon tunggu...
Priscilla EnggitDewantari
Priscilla EnggitDewantari Mohon Tunggu... Mahasiswa S1 Perencanaan Wilayah dan Kota - Universitas Jember

191910501057

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Eksternalitas Positif Negatif dari Pembangunan Bandara di Kediri

22 Maret 2020   22:22 Diperbarui: 22 Maret 2020   22:19 641 0 0 Mohon Tunggu...

Eksternalitas . Satu kata yang mengandung berbagai pertanyaan . Apa sebenernya dimaksud dari eksternalitas itu ? Menurut Wikipedia , eksternalitas adalah biaya yang harus ditanggung atau manfaat tidak langsung yang diberikan dari suatu pihak akibat aktivitas ekonomi . Jadi eksternalitas merupakan dampak yang dirasakan oleh pihak ketiga , dimana pihak ketiga seringkali tidak mempunyai pilihan atau pun menolak .

Eksternalitas bisa disebut juga sebagai dampak , dimana eksternalitas tersebut memiliki 2 kategori , yaitu eksternalitas positif dan eksternalitas negatif . Sederhananya , contoh dari eksternalitas negatif yang seringkali terjadi di sekitar kita adalah pencemaran udara (polusi) berasal dari kendaraan bermotor yang membuat gangguan pada pernafasan dan hal tersebut harus dirasakan oleh masyarakat sekitar . Dan contoh sederhana dari eksternal positif adalah suntikan antibodi terhadap suatu penyakit , maka suntikan tersebut selain bermanfaat bagi orang yang bersangkutan juga bermanfaat bagi orang lain yakni tidak tertular penyakit .

Kediri merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur . Kota Kediri memiliki rencana untuk melakukan pembangunan yaitu dengan membangun bandara baru . Bandara yang akan mulai dibangun tahun 2020 tersebut memiliki target untuk rampung dalam jangka waktu 2 tahun , yaitu pada tahun 2020. Bandara Dhoho Kediri dibutuhkan untuk mengakomodir jumlah penumpang di Jawa Timur terutama Bandara Juanda . Bandara yang akan segera dibangun tersebut ( Bandara Dhoho Kediri ) akan melayani penerbangan internasional , sama seperti Bandara yang berada di Surabaya , yaitu Bandara Juanda .

Dengan perencanaan pembangunan Bandara Dhoho Kediri ini pun pastinya mengakibatkan terjadinya eksternalitas baik positif maupun negatif . Eksternalitas positif yang diakibatkan dari pembangunan Bandara Dhoho Kediri tersebut adalah meningkatnya aktivitas masyarakat sehingga memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Kediri dan sekitarnya . " Dengan adanya pembangunan bandara di kabupaten , tentunya akan memacu meningkatnya mobilisasi orang . Otomatis dampak positifnya akan dirasakan Kota Kediri , " kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Kediri Apip Permana di Kediri .

Selain itu , eksternalitas positif yang dihasilkan adalah tersedianya lapangan pekerjaan baru dan luas yang dapat mengurangi angka penggangguran di Kota Kediri . Pemerintah pun sekarang turut aktif dalam memperlengkapi masyarakat dengan menyiapkan pelatihan - pelatihan keterampilan sehingga dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia atau SDM berkualitas yang siap menerima perubahan sosial ekonomi .  Selain itu , industry kargo udara juga akan menggeliat . Oleh sebab itu , butuh adanya area pergudangan di sekitar bandara .

" Setelah dilatih dan mendapat keterampilan , Pemda Banyuwangi melakukan perekrutan . Sehingga dampak pembangunan infrastruktur benar - benar dirasakan oleh masyarakat sekitar , " ucap Chusainuddin Anggota DPRD Jatim . Dengan adanya pembangunan baru Bandara Dhoho Kediri ini pun akan memunculkan atau menumbuhkan daerah pusat perekonomian yang baru seperti dalam bidang kuliner , industri , pariwisata , dan lain -- lain . Juga tentunya jika berhubungan dengan pesawat pasti berbicara mengenai bepergian . Oleh karena itu kemajuan dan meningkatnya lapangan pekerjaan dalam bidang biro perjalanan wisata atau travel pun semakin meluas dan besar . Dalam pariwisata , diperlukan juga penyediaan tempat wisata lokal yang tersedia berada di dekat Bandara Dhoho Kediri , karena hal tersebut dapat menunjang bandar udara . Penunjang tersebut seperti adanya hotel , penyediaan hunian , tempat pertemuan , ritel , dan lain --lain .

Selain eksternalitas positif yang diakibatkan dari pembangunan Bandara Dhoho Kediri , terdapat eksternalitas negatif pula . Eksternalitas negatifnya adalah tergesernya beberapa aset milik Pemerintah Kabupaten Kediri dari lokasi saat ini . Terkait aset milik daerah itu , Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( Bappeda ) Kabupaten Kediri Sukadi mengatakan bahwa memang ada sejumlah aset daerah yang terkena dampak pembebasan lahan , yakni beberapa bangunan sekolah dan fasilitas umum warga . Dengan adanya pembangunan Bandara Dhoho Kediri tersebut mengakibatkan naiknya harga tanah di Kota Kediri. Terjadinya pengurangan lahan akan pertanian / persawahan , hutan yang juga sebagai pemasok oksigen untuk masyarakat , timbulnya polusi udara dan polusi bunyi bagi masyarakat sekitar akibat dari aktivitas jam terbang pesawat yang tinggi .

Terlepas akibat dari eksternalitas positif dan eksternalitas negatif yang terjadi ,  pembangunan Bandara Dhoho Kediri memang perlu diadakan karena Kota Kediri adalah kota yang menempati kota terkaya peringkat ketiga di Indonesia , untuk mempermudah aktivitas masyarakat Indonesia dan juga dapat membuka peluang yang besar untk investor masuk ke Kota Kediri . Dan dengan adanya pembangunan Bandara Dhoho Kediri ( seperti yang terjadi pada Kota Surabaya dengan daerah -- daerah di sekitarnya )  dapat menjadi kesempatan untuk daerah -- daerah di sekitar Kota Kediri untuk turut  merasakan perkembangan kemajuan dari Kota Kediri tersebut, yaitu Kabupaten Kediri , Kabupaten Jombang , Trenggalek , dan Nganjuk . 

Dan terdapat hal lain selain pembangunan Bandara Dhoho Kediri juga yang dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dan juga kemajuan untuk Kota Kediri sendiri , yaitu adanya pembangunan jalan tol dari Kertosono hingga Kediri , dari Tulungagung hingga Kediri , dan juga jalan pendukung dari Sukorejo hingga Batu lalu berakhir di Kediri . Pemerintah Kota Kediri dan Kabupaten Kediri harus bersiap dalam menyambut adanya bandara baru .

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x