Mohon tunggu...
Pringadi Abdi Surya
Pringadi Abdi Surya Mohon Tunggu... Pejalan kreatif

Lahir di Palembang. Menulis puisi, cerpen, dan novel. Instagram @pringadisurya. Catatan pribadi http://catatanpringadi.com Instagramnya @pringadisurya dan Twitter @pringadi_as

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Tanjung Siambang dan Tanjung Setumu, Pantai Indah di Dompak, Kepri

22 Januari 2019   16:16 Diperbarui: 22 Januari 2019   16:24 0 7 2 Mohon Tunggu...
Tanjung Siambang dan Tanjung Setumu, Pantai Indah di Dompak, Kepri
Dokpri.

Tak banyak yang tahu, Dompak juga menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah Tanjung Siambang. Sebenarnya, nama pantai yang lebih dikenal dengan Tanjung Siambang ini adalah pantai Sri Arjana. 

Pulau Dompak memang kini lebih mudah dijangkau setelah jembatan Dompak dibangun. Untuk menuju Tanjung Siambang, kita hanya menempuh jarak kurang dari 20 km dari Tanjung Pinang. Dengan bermotor santai, waktu tempuh tak sampai 1 jam.


Namun, modal Google Maps harus didukung sinyal yang memadai, meski ada mode offline. Sebab, rute yang harus dilalui cukup tersembunyi. Kawasan Tanjung Siambang sendiri cukup panjang. Kita bisa berhenti di tempat yang salah. Pantai Sri Arjana sendiri berada nyaris paling ujung. Acuannya, pintu masuknya berada di sebelah gedung Satuan Pamong Praja, Kepri.

Tanjung Siambang alias Pantai Sri Arjana wajib dikunjungi meski tidak seluas atau sepanjang Lagoi maupun Trikora. Bentangannya unik, terlebih bila laut surut. Ada satu dermaga menjorok ke tengah lautan. Dermaga itu menghubungkan masyarakat ke pulau-pulau kecil di sekitarnya. 

Berjalan menyusuri pesisir, akan sangat mengasikkan karena suasananya yang sepi. Bagi kamu yang galau, cocok sekali menyendiri di Tanjung Siambang sambil menikmati desauan angin dan lambaian nyiur. Ombak pun rajin menyapa kaki kita.

Sebuah ayunan terletak di pantai itu. Menaikinya, berayun, setinggi-tingginya sealan membiarkan segala beban di pundak berlepasan.

Dokpri
Dokpri
Bila lelah, jangan khawatir. Ada restoran dengan menu makanan laut. Ikan, udang, dan cumi jadi menu utama. Terutama ikan selar bakar yang jadi favorit orang Melayu. Minumnya, ya, air kelapa murni yang segar.

Tidak ada tarif masuk di sini. Namun, bila kamu tak sadar duduk di pondokan yang ada di sepanjang pantai, itu berarti kamu menyewa. Sejam 40 ribu.

Berlanjut ke Setumu

Beranjak dari Tanjung Siambang, kami menuju Tanjung Setumu. Tanjung Setumu berada di ujung barat Pulau Dompak. Dari Pantai Sri Arjana (Tanjung Siambang), kita menyusuri jalan beton setapak yang sudah tampak rusak. Hingga nanti kita akan menemukan jalan setapak berpasir dengan rumah-rumah rusak di sisi kanan dan kiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2