Mohon tunggu...
MIRANDA NASUTION
MIRANDA NASUTION Mohon Tunggu... Konsultan - Saya perempuan yang hobi menari. Saya anak ragil dari pasangan Alm. Aswan Nst dan Almh Tati Said. Saya punya impian menjadi orang sukses. Motto hidup saya adalah hargai hidup agar hidup menghargai Anda.

Tamatan FISIP USU Departemen Ilmu Komunikasi tahun 2007, pengalaman sebagai adm di collection suatu bank, dan agen asuransi PT. Asuransi Cigna, Tbk di Medan. Finalis Bintang TV 2011 oleh Youngth's management. Pimpinan Redaksi Cilik tahun 2002-2003 (Tabloid Laskar Smunsa Medan).

Selanjutnya

Tutup

Travel

Danau Toba, Aku Rindu Keindahanmu!!!!

25 September 2021   13:32 Diperbarui: 25 September 2021   13:53 41 5 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Siapa yang tak mau ke Danau Toba?

Danau yang memiliki pemandangan yang sangat indah bak lukisan. Keindahan danau ini bisa dilihat dari lokasi lain, seperti Simarjarunjung dan Tongging. Di daerah sekitar dapat kita saksikan rumah adat Batak Toba dengan ciri khasnya yang meruncing ke atas.  Batak Toba adalah etnis terbesar yang hidup di sekitar Danau Toba. 

Danau Toba  adalah danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau yang sangat indah yang terbentuk ribuan tahun yang lalu. Van Bemmelen, geolog asal Belanda pada tahun 1939, pertama kalinya mengungkapkan bahwa Toba adalah gunung api. Lokasi Danau Toba, seperti yang kita ketahui saat ini, dulunya merupakan sebuah gunung yang kemudian erupsi atau meletus dengan sangat dahsyat. Kaldera Toba berhasil masuk daftar Unesco setelah dinilai dan diputuskan UGG Council pada konferensi internasional UnescoGlobal Geoparks ke-IV di Lombok pada 31 Agustus-2 September 2019.

Dikatakan Peneliti Museum Geologi Bandung Dr Indyo Pratomo, sejarah letusan Toba terjadi pada sekitar 74.000 tahun lalu, dan telah menjadi semacam simbol dunia untuk peristiwa erupsi supervulcano.Danau Toba berukuran 90 x 30 km2 dan kedalaman air danau ini mencapai 500 meter. Kedalaman danau ini telah menjadikannya sebagai sumber air tawar terbesar di dunia, dengan volume air mencapai sekitar 240 km2. Menurut teori bencana Toba, letusan ini berdampak besar bagi populasi manusia di seluruh dunia; dampak letusan menewaskan sebagian besar manusia yang hidup waktu itu dan diyakini menyebabkan penyusutan populasi di Afrika timur tengah dan India sehingga memengaruhi genetika populasi manusia di seluruh dunia sampai sekarang.

Namun, ada cerita yang melegenda tentang terjadinya Danau Toba. Cerita ini membuat semakin indahlah danau ini, karena cerita ini mengenai seorang putri dan seorang petani.  Petani ini bernama Toba, suatu hari dia pergi memancing dan menemukan seekor ikan emas. Tak berapa lama kemudian, ikan emas ini lalu berubah menjadi seorang perempuan yang cantik jelita. Perempuan ini mengatakan bahwa dia adalah putri yang dikutuk.  

Akhirnya mereka menikah dan memiliki anak yang bernama Samosir. Namun, suatu hari Samosir disuruh ibunya membawa perbekalan untuk ayahnya yang sedang bekerja. Samosir mempunyai peragai yang nakal dan mempunyai nafsu makan yang besar. Perbekalan ayahnya dimakan olehnya hingga tinggal sedikit. Ketika Toba mengetahuinya akhirnya mengumpat mengatakan Samosir anak ikan. Samosir lantas mengadu kepada ibunya, sehingga ibunya mengetahui Toba telah melanggar sumpah untuk tidak mengatakan asal usulnya. Tiba-tiba keluar air yang sangat deras dari dalam bumi dan menciptakan danau air tawar raksasa, dan mucullah Samosir di tengah-tengahnya dalam wujud pulau. 

Danau Toba sangat penting bagi masyarakat setempat karena merupakan tempat wisata. Apalagi sekarang sudah menjadi wisata International. Diharapkan potensi ini menjadikan kesejahteraan masyarakat sekitar semakin membaik. namun, selama dalam perjalanannya pelestarian Danau Toba menghadapi beberapa kendala, antara lain penanaman sejuta pohon yang dipandang gagal dan penebangan hutan sehingga bisa menyebabkan banjir dan longsor. Pemerintah harus mampu mengatasi masalah lingkungan ini agar Danau Toba bisa berkesinambungan. Dengan memelihara lingkungan wisatawan tidak akan takut akan musibah longsor dan banjir lagi. Potensi lainnya dari Danau Toba adalah budidaya ikan air tawar. Diharapkan pemerintah dapat menjadikan Samosir pusat pasoka ikan mas  mengalahkan Simalungun dan Pematangsiantar.  Potensi lainnya bagi Danau untuk persediaan air bersih dan untuk pembangkit listrik.Danau Toba sedang disiapkan menjadi Destinasi Super Prioritas (DSP) yang  artinya Danau Toba harus memiliki infrastruktur dan sumber daya manusia yang berkelas dunia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno,  telah membahas untuk mengakselerasikan program penyiapan Integrated Tourism Masterplan (ITMP) di kawasan Danau Toba. Danau toba juga akan menjadi destinasi wisata yang ramah lingkungan di tahun 2030. Apabila pemerintah dan masyarakat sekitar bahu membahu bekerja sama target ini bisa saja lebih cepat terealisasi. 

 Infrastruktur kelas dunia  meliputi perhotelan di mana bisa digunakan untuk tempat pertemuan atau meeting. Pemerintah juga sedang mengalakkan program MICE di Indonesia Aja. Meeting, Incentive travel, Convention and Exhibition atau disingkat MICE adalah kegiatan konvensi, perjalanan incentive dan pameran industri pariwisata. Tujuan dari MICE sendiri untuk meningkatkan pendapatan daerah dan devisa negara serta ikut andil menciptakan lapangan kerja. Selanjutnya kegiatan  MICE  akan memberikan dampak ekonomi bagi jasa akomodasi, transportasi serta pelaku pariwisata lainnya. 

Danau Toba memiliki banyak potensi budaya juga seperti tarian dan pakaiannya. Heritage of Toba masuk dalam bagian  Wonderful Indonesia , merupakan wujud dan komitmen untuk mempromosikan berbagai destinasi bagi untuk wisatawan domestik dan internasional. Saat ini pemerintah sedang fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia, yakni Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Danau Toba masuk dalam provinsi Sumatera Utara. Penduduk Sumatera Utara secara keseluruhan juga diharapkan dapat merasakan manfaat dari Heritage of Toba yang semakin dikenal dunia. Saya adalah penduduk Medan dan berharap Indonesia semakin dikenal di dunia karena Danau Toba ini, dan tentunya sama-sama mendukung pemerintah dengan senang mengunjungi Danau Toba. Teringat saya dan keluarga sering berwisata ke sana.  Danau Toba, aku rindu keindahanmu!!!! Semoga tetap indah sampai ke anak cucu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan