Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Manfaat Minum Air Putih Hangat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari

9 Juni 2021   09:09 Diperbarui: 9 Juni 2021   09:37 185 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Minum Air Putih Hangat Setelah Bangun Tidur Pagi Hari
Mengawali pagi hari dengan minum air putih hangat memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita (unsplash.com/Manki Kim)

Sejak kuliah hingga beberapa tahun lalu, saya termasuk peminum kopi kelas cukup berat. Saya selalu mengawali pagi hari dengan minum secangkir kopi. Beberapa jam kemudian, di kantor satu cangkir kopi sudah harus tersedia di meja saya.

Meskipun kopi memberi beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh (karena kandungan zat kafeinnya), namun meminumnya di awal pagi hari sangat tidak disarankan.

"Membangunkan tubuh Anda dengan kopi seperti menyalakan alarm kebakaran sebagai jam alarm. Ketika Anda mengalami dehidrasi dan tidak memiliki apa-apa di perut Anda, kafein memasuki aliran darah Anda dengan sangat cepat, melepaskan banjir hormon stres dari kelenjar adrenal Anda yang dibaca tubuh Anda sebagai pemicu pertarungan atau pelarian." - Audrey Marcus dalam Own the Day, Own Your Life.

Saya percaya apa yang disampaikan Audrey Marcus itu. Pada prinsipnya, praktik hidrasi sehat adalah prioritas paling utama dalam strategi gaya hidup sehat setiap orang. 

Manfaat Minum Air Putih Hangat Setelah Bangun Tidur

Ketika kita tidur, kita kehilangan cairan tubuh yang keluar dalam bentuk keringat maupun air kencing. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama kita tidur, maka yang harus pertama kali kita lakukan adalah minum air putih. Lebih baik lagi, air putih hangat atau paling tidak bersuhu ruangan. 

Dalam makalahnya, Dr. Huda Shihab Jari dari Universitas Baghdad menuliskan,

"Disarankan untuk minum secangkir air hangat di pagi hari, untuk merangsang pergerakan usus, karena air hangat membantu mengendurkan pembuluh darah dan saluran pencernaan dan dengan demikian merangsang pencernaan. Minum secangkir air hangat membuat tubuh seimbang dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan semua fungsinya. Stabilitas suhu tubuh manusia sekitar 37 derajat Celcius sepanjang hari bermanfaat bagi reaksi kimia dalam tubuh yang mengandalkan enzim." 

Silahkan saja kalau kita ingin minum kopi, teh atau minuman perasa lainnya. Namun, sebelum minum-minuman tersebut, pastikan perut kita sudah terpenuhi kebutuhan hidrasinya dengan minum air putih. Saya sendiri sudah cukup lama membiasakan diri untuk minum segelas air sesaat setelah bangun tidur. 

Manfaat Praktik Hidrasi Sehat di Pagi Hari

Mengawali pagi hari dengan praktik hidrasi sehat dengan minum air putih hangat memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.  Berikut beberapa di antaranya:

Menyingkirkan Racun dalam Tubuh

Saat kita tidur, tubuh kita mengalami banyak proses pembersihan - terutama otak kita. Ini berarti ketika kita bangun di pagi hari, kita memiliki semua jenis produk limbah yang bergerak di berbagai sistem tubuh kita. Dari sistem pernafasan, otak hingga bagian-bagian sistem kecil lainnya. Minum air segera setelah kita bangun akan membantu memindahkan zat-zat beracun ini  keluar dari tubuh melalui saluran kemih.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x