Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | himam.id | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

11 Cara Memulai Kebiasaan Menulis di Tahun Baru

27 Desember 2019   07:56 Diperbarui: 27 Desember 2019   20:19 442 22 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
11 Cara Memulai Kebiasaan Menulis di Tahun Baru
ilustrasi cara memulai kebiasaan menulis (sumber foto: unsplash.com)

Kamu punya resolusi untuk menulis lebih banyak dan lebih baik? Atau punya keinginan untuk menjadi mulai menulis?

Sepanjang 2019, banyak teman bertanya mengapa saya bisa konsisten menulis, hampir setiap hari. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips dan tantangan agar kamu terbiasa menulis. Dengan demikian kamu bisa menikmati prosesnya, karena menulis itu meskipun tidak mudah tapi menyenangkan.

11 Cara Memulai Kebiasaan Menulis

1. Menulis dengan Jumlah Kata Tertentu

Jika kamu ingin membentuk kebiasaan menulis, kamu harus menulis secara konsisten. Tetapkan jumlah kata yang dapat kamu capai setiap harinya. Mulai dari yang terkecil dan yang paling memungkinkan dirimu bisa menuliskannya.

Di bulan pertama kamu bisa menetapkan target minimal 100 kata sehari. Tidak sulit kan? Dan sangat mungkin kamu capai. Bulan kedua kamu bisa menaikkan target harian menjadi 150 kata.

Bulan ketiga dan seterusnya tambahkan target jumlah kata harian yang realistis. Setelah itu, lihatlah di bulan keenam, berapa banyak jumlah kata yang bisa kamu tulis setiap hari. Perhatikan pula, tanpa kamu sadari kamu sudah membentuk kebiasaan menulis dengan begitu mudahnya.

2. Menulis dengan Jumlah Waktu Tertentu

Jika memiliki jumlah kata tertentu untuk dijangkau setiap hari itu menakutkan, pikirkan tentang mengatur segmen waktu untuk menulis. Mulailah dengan 10 menit dan jangan biarkan dirimu terganggu. 

Setelah satu bulan, lihat apa yang telah kamu capai. Tetapkan segmen waktu baru untuk bulan berikutnya dan jadwalkan ke rutinitas harian sehingga kamu tidak ketinggalan apa pun.

3. Tulis Sesuatu yang Membuatmu Takut

Seringkali kita ingin menuai hasil dari apa yang kita tulis. Kita ingin memublikasikan tulisan, kita ingin tulisan itu ada yang membacanya dan berinteraksi dengan mereka. Tapi tidak selalu harus demikian, bukan?

Jadi, kalau ingin memulai menulis tanpa memikirkan hasil apapun, tulis sesuatu yang ingin kamu nikmati sendiri. Yah, semacam buku harian berisi hal yang paling kamu rahasiakan.

Cobalah untuk menulis sesuatu yang kamu takut orang lain mengetahuinya. Kemudian rasakan bagaimana sesuatu yang semula mengganjal di hati sekarang kamu lepaskan di atas kertas. Gunakan tantangan ini setiap hari untuk mengembangkan kebiasaan menulis.  

4. Tuliskan Sesuatu yang Konyol

Selain menulis hal yang paling kamu takutkan diketahui orang lain, cobalah untuk menantang diri menulis hal yang konyol. Tulis sesuatu yang benar-benar gila, yang lucu, bahkan seandainya cuma kamu satu-satunya yang menganggapnya lucu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x