Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Penulis Konten | warungwisata.com | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

BCA Mobile Cardless, Era Baru Transaksi Perbankan Tanpa Kartu

27 Oktober 2019   08:12 Diperbarui: 27 Oktober 2019   08:17 1039 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
BCA Mobile Cardless, Era Baru Transaksi Perbankan Tanpa Kartu
Fitur Cardless di m-BCA (ilustrasi tangkapan layar aplikasi BCA mobile/dokumentasi Himam Miladi)

Beberapa waktu lalu saya kehilangan kartu ATM BCA milik istri saya. Seingat saya, kartu itu tertinggal di mesin ATM sewaktu saya mengambil uang. Mungkin pula terjatuh sewaktu saya meninggalkan mesin ATM, entahlah.

Hari itu juga, saya langsung mengurus kartu ATM baru di Bank BCA tempat istri saya membuka rekening. Syukurlah, prosesnya tidak ribet. Saya tak perlu mengurus surat kehilangan dari kepolisian. Tak sampai satu jam, kartu ATM BCA istri saya sudah diganti yang baru.

Mumpung lagi di bank, saya lalu mengurus aktivasi BCA Mobile. Sebelumnya, saya hanya memanfaatkan aplikasi ini hanya untuk mengecek saldo saja (non finansial). Namun, hilangnya kartu ATM istri saya tersebut membuat saya jadi berpikir lain dan memutuskan untuk mengaktifkan seluruh fitur transaksi perbankan yang ada di BCA Mobile.

Bukan sekali ini saya lupa untuk mengambil kembali kartu ATM. Kadang-kadang, untuk memastikan apakah kartu ATM-nya sudah saya ambil atau belum, saya memeriksa dompet setelah keluar dari mesin anjungan. Seringpula ketika sudah dalam perjalanan, saya baru terpikir apakah kartu ATM-nya sudah saya ambil atau belum.

Sekarang, saya tak perlu lagi khawatir ketinggalan kartu ATM. Saya juga tak perlu khawatir apabila sedang membutuhkan uang tunai, dompet saya ketinggalan. Kekhawatiran saya hilang berkat m-BCA Cardless.

Sebenarnya, saya sudah punya aplikasi Sakuku dari BCA. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk tarik tunai tanpa kartu. Hanya saja, untuk bisa menarik uang, kita harus memastikan saldo yang ada di Sakuku sudah terisi dengan cara top up terlebih dahulu.

Berbeda dengan m-BCA Cardless, kita tidak perlu top up untuk bisa menarik uang di ATM BCA selama saldo tabungan BCA kita mencukupi. Lebih simpel dan anti ribet.

Fitur Cardless adalah fitur terbaru yang ada di m-BCA, menggantikan fitur Setor Tarik. Jika sebelumnya m-BCA hanya bisa digunakan untuk setor tarik tanpa kartu, sekarang juga bisa digunakan untuk transaksi perbankan di cabang BCA terdekat. Ketiga transaksi ini bisa kita lakukan tanpa harus menggunakan kartu ATM atau buku tabungan.

Cara Transaksi dengan Fitur Cardless

Awalnya, saya agak bingung bagaimana cara menarik uang tanpa kartu ATM. Karena setahu saya, untuk bisa mengakses mesin ATM, kita harus memasukkan kartu ATM-nya. Untunglah BCA membuatnya lebih mudah.

cara tarik tunai dengan fitur cardless (infografis: tangkapan layar bca.co.id)
cara tarik tunai dengan fitur cardless (infografis: tangkapan layar bca.co.id)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x