Mohon tunggu...
Rienta Primaputri
Rienta Primaputri Mohon Tunggu...

Seorang pengamat muda yang menggemari isu internasional dan gerakan sosial

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Fenomena Gurun Sahara Bersalju

22 Desember 2016   18:49 Diperbarui: 22 Desember 2016   19:01 0 0 0 Mohon Tunggu...
Fenomena Gurun Sahara Bersalju
Foto Salju diatas Gurun Sahara. Source: Karim Boucheta/Shutterstock

Seperti salah satu lagu Anggun C. Sasmi 'Snow in the Sahara', kini gurun Sahara di kawasan Aljazair Afrika Utara kembali diselimuti salju. Fenomena ini sempat terekam oleh seorang fotografer amatir, Karim Bouchetata yang tinggal di kota Ain Sefra. Kota Ain Sefra dikenal sebagai Gerbang ke gurun pasir Sahara yang terletak diketinggian 1.078 diatas permukaan laut dan dikelilingi Pegunungan Atlas. 

Seperti yang diketahui fenomena salju turun di Gurun Sahara merupakan hal yang sangat jarang terjadi. Menurut laporan LiveScience, terakhir kali badai salju turun di wilayah selatan Aljazair pada 18 Februari 1979. Salju tersebut turun setelah badai terjadi selama setengah jam yang menghentikan lalu lintas disana. Pastinya melihat salju di gurun pasir terpanas di dunia itu merupakan yang pertama kali setelah tahun 1979, tepat 37 tahun yang lalu. 

Gurun Sahara juga dikenal sebagai tempat terkering di dunia yang pada musim panas suhunya melebihi 50 derajat celcius. Tempat ini berada di ketinggian 1.078 diatas permukaan laut dan dikelilingi Pegununggan Atlas.  Sahara menjadi gurun terluas di dunia yang besarnya mencapai 9 juta kilometer persegi dan melingkupi seluruh Afrika Utara. 

Referensi

VIDEO PILIHAN