Mohon tunggu...
Priesda Dhita Melinda
Priesda Dhita Melinda Mohon Tunggu... Ibu satu anak perempuan, yang ingin terus belajar

Contact : 08992255429 / email : priesda@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Tips untuk Pebisnis Online

1 Agustus 2019   08:34 Diperbarui: 1 Agustus 2019   08:44 39 0 0 Mohon Tunggu...

Kali ini aku akan menulis tentang bisnis (ciyeeehhh..) ya sekali-kali lah ya. Tulisan ini berdasarkan pengalaman aku dan teman-temanku. 

Aku tuh senang mengamati orang-orang di sekitarku termasuk orang-orang yang ada di media sosial. Banyak hal yang bisa aku pelajari dari mereka, mulai dari parenting, kehidupan rumah tangga sampai ke bisnis. 

Ada juga politik sih, tapi aku tuh nggak suka ngomong politik, bingung soalnya dan sepertinya memang otakku nggak sampai mikir yang berat-berat begitu, yaaahhh menurutku politik itu berat. Hahahaha..

Kali ini aku mau menulis tentang bisnis yang berdasarkan pengamatanku, ditambah analisa dan pengalamanku sendiri (biar konsisten ya sama judulnya). Tapi aku akan persempit lagi bisnis yang aku tulis ini berkaitan dengan bisnis online. Oke, kita mulai ya.


1. Buat mindset positif
Sebenarnya bukan hanya bisnis yang perlu mindset positif, tetapi dalam semua hal. Mengapa? Supaya kita nggak mudah baper, hehe. Dalam bisnis pasti akan hal-hal yang akan buat pikiran negatif, makanya sebagai dasar kita mindset dulu pikiran kita dengan hal-hal yang positif. 

Misalnya "aku pasti bisa", "semua akan berjalan baik-baik saja", "hari ini pasti laku banyak", "sekarang sedikit, besok pasti banyak", "kalau memang rezeki tak akan kemana", "rezeki tak kan pernah tertukar", dan hal positif lainnya. 

Kalimat-kalimat ini bisa kita tanamkan ke dalam pikiran saat pagi hari ataupun saat kita merasa kecewa. Yakin deh, ini akan membuat semangatmu tumbuh lagi. Nggak percaya?? Coba aja.

2. Tentukan jenis bisnismu
Berikutnya, sebelum kamu mau memulai bisnis pastinya tentukan dulu mau di bidang apa, misalnya kosmetik, fashion atau makanan. Karena nantinya ini akan membuat kamu akan mengarah kemana. 

Berikutnya, apakah kamu akan menjadi produsen atau penjual. Kalau produsen berarti kamu harus sudah siap apa yang akan kamu buat, alat dan bahan yang akan digunakan. Kalau sebagai penjual, apa yang akan dijual dan tentukan supplier mu. 

Dalam memilih supplier pastikan yang memang benar-benar bisa dipercaya, baik barang ataupun kejujurannya terhadap uang kita. Dari segi barang, tentunya kita harus pastikan barang yang dijual benar-benar bagus dan berkualitas. 

Baiknya sih datang sendiri untuk mengecek, tapiiii kalau memang tidak memungkinkan, secara kita cuma reseller yang modalnya terbatas, kita bisa coba untuk beli 1 atau 2 barang darinya, untuk melihat kualitas barang tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN