Mohon tunggu...
Prayitno Ramelan
Prayitno Ramelan Mohon Tunggu... Tentara - Pengamat Intelijen, Mantan Anggota Kelompok Ahli BNPT

Pray, sejak 2002 menjadi purnawirawan, mulai Sept. 2008 menulis di Kompasiana, "Old Soldier Never Die, they just fade away".. Pada usia senja, terus menyumbangkan pemikiran yang sedikit diketahuinya Sumbangan ini kecil artinya dibandingkan mereka-mereka yang jauh lebih ahli. Yang penting, karya ini keluar dari hati yang bersih, jauh dari kekotoran sbg Indy blogger. Mencintai negara dengan segenap jiwa raga. Tulisannya "Intelijen Bertawaf" telah diterbitkan Kompas Grasindo menjadi buku. Website lainnya: www.ramalanintelijen.net

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Ada 3 Pasangan, Begini Prediksi Capres dan Cawapres 2024

2 November 2022   21:13 Diperbarui: 2 November 2022   21:41 1553
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Baliho Dukungan Prabowo-Cak Imin di Jalan Letnan Soetopo, Serpong, Tangerang Selatan. (KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR) 

TV One merupakan stasiun TV dimana penulis pernah menjadi narasumber pertama di media elektronik, sejak diundang pak Karni Ilyas pada tahun 2014.

Penulis kemudian selalu diundang sejak kasus MH370, terorisme ISIS, Al Qaeda, pembunuhan Kim Jong Nam, kasus-kasus bom bunuh diri di Indonesia, juga kasus politik terkait keamanan. Sebagai host yang cukup lama adalah Mas Aryo yang terus jadi teman baik hingga kini.

Penulis kemudian dikenal di media elektronik sebagai pengamat intelijen, dimana selain di TV One juga diundang sebagai narsum di Metro TV, Kompas TV, MNC TV, Berita Satu, iNet, JakTV, CNN Indonesia dan lain-lainnya.

Nah, Minggu (30/10) malam, penulis nonton talk show politik di TV ONE tentang bisik-bisik capres-cawapres tahun 2024.

Sebagai host, Putri Violla terlihat makin matang, luwes, relax, dan smart.

Sementara sebagai narsum ada Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno dan Hendri Budi Satrio (Hensat) seorang dosen dan pakar komunikasi politik pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI.

Penulis coba mengaitkan analisis kedua surveyor ini dengan analisis intelijen perkembangan politik yang berlaku:

Spekulatif Politik

Gencarnya berita koalisi, capres, cawapres saat ini lebih disebut sebagai spekulatif.

Secara teori, kini ada tiga sosok potensial yang bisa menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024 yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun