Mohon tunggu...
Prayitno Ramelan
Prayitno Ramelan Mohon Tunggu... Tentara - Pengamat Intelijen, Mantan Anggota Kelompok Ahli BNPT

Pray, sejak 2002 menjadi purnawirawan, mulai Sept. 2008 menulis di Kompasiana, "Old Soldier Never Die, they just fade away".. Pada usia senja, terus menyumbangkan pemikiran yang sedikit diketahuinya Sumbangan ini kecil artinya dibandingkan mereka-mereka yang jauh lebih ahli. Yang penting, karya ini keluar dari hati yang bersih, jauh dari kekotoran sbg Indy blogger. Mencintai negara dengan segenap jiwa raga. Tulisannya "Intelijen Bertawaf" telah diterbitkan Kompas Grasindo menjadi buku. Website lainnya: www.ramalanintelijen.net

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Kunjungi 3 Negara Asia Timur, Jokowi Berupaya Jadikan Indonesia "Center of Gravity"

31 Juli 2022   07:56 Diperbarui: 31 Juli 2022   19:15 640 14 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi bersiap menaiki pesawat dari Beijing menuju Tokyo, Selasa (26/7/2022).(Dokumentasi/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi dalam posisinya sebagai Presidensi G20 mengambil langkah diplomatis bernilai strategis tak terduga yang mampu menuai pujian, walaupun juga tidak terlepas dari kritikan. Usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman, Minggu (26/6/2022).

Jokowi kemudian mengunjungi Ukraina dan Rusia dengan mengangkat isu perdamaian di Ukraina serta upaya untuk mengatasi krisis pangan dan energi global.

Langkah diplomasi strategis kemudian diambil khusus di kawasan Asia Pasifik, dimana pada akhir Juli presiden beserta rombongan mengunjungi tiga Negara Asia Timur, RRT, Jepang dan Korea Selatan. 

Pertemuan Presiden Jokowi dengan ketiga Kepala Negara tersebut jelas membawa hasil setelah dibahasnya sejumlah isu, mulai dari global hingga kerja sama di sejumlah bidang mulai dari perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia. 

Bagian yang menarik dari isu regional kawasan, pada waktu yang bersamaan Indonesia (TNI) sedang mempersiapkan sebuah latihan berskala besar dengan Amerika Serikat serta beberapa negara lain di wilayah Indonesia dengan sandi Super Garuda Shield.

Resume Kunjungan Presiden Jokowi ke Tiga Negara

Dalam kunjngan ke tiga negara Asia Timur tersebut, Presiden Jokowi tidak hanya membawa misi kepentingan Indonesia, tetapi juga sebagai Presidensi G20 dan Ketua ASEAN 2023.

Dalam kunjungan ke China (RRT), Presiden Jokowi pada hari Selasa (26/7/2022) mengadakan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping dilakukan di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing. 

Dari pertemuan kedua mitra strategis komprehensif ini lahir kerja sama baru seperti perpanjangan nota kesepahaman mengenai Global Maritime Fulcrum - Belt and Road Initiative (GMF-BRI) 2022-2026, MOU KS Genetika & Genomika, MOU Pembangunan Hijau, Perikanan, serta Pertanian. 

China juga akan kembali membuka akses pasar untuk minyak sawit, produk perikanan, produk pertanian. Selain itu, memberikan investasi pada bidang industri hijau, kendaraan listrik dan baterainya, infrastruktur, digital, serta logistik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan