Mohon tunggu...
Yudha Pratomo
Yudha Pratomo Mohon Tunggu... Siapa aku

is typing...

Selanjutnya

Tutup

Tekno Artikel Utama

Geliat Xiaomi Menuju Raja Teknologi

24 Mei 2016   16:33 Diperbarui: 25 Mei 2016   02:44 1565 12 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Geliat Xiaomi Menuju Raja Teknologi
Logo Xiaomi. Sumber: androidandme.com

Apa yang terlintas dalam Anda ketika mendengar istilah hape cina? Mungkin akan terpikir handphone butut dengan kualitas rendah. Atau bahkan handphone KW super dengan bentuk menyerupai iPhone atau Blackberry.

Mungkin seperti itu persepsi Anda ketika pertama kali mendengar istilah hape cina. Memang tidak salah, karena awalnya saya pun demikian. Harga dan kualitas yang berbanding terbalik. Murah memang, dan kerap dibilang murahan malah. Tapi standar kualitasnya jauh di bawah teknologi buatan Negeri Matahari Terbit.

Tapi itu sudah lain zaman. Lain dulu, lain sekarang. Kini hampir tidak ada lagi orang yang menganggap handphone asal Tiongkok alias hape cina berkualitas rendah. Para produsen asal Negeri Tirai Bambu ini menggeliat, menunjukkan taji bahwa mereka tidak takut dengan Jepang, Korea bahkan produk Amerika.

Satu per satu merek-merek bermunculan. Lenovo, Meizu, ZTE, Oppo, dan yang paling menyita perhatian adalah Xiaomi. Siapa yang tidak tahu Xiaomi? Merek ini menjadi fenomena untuk pecinta gadget.

Ya, perusahaan yang dikepalai oleh Lei Jun ini kini menempati peringkat 3 sebagai distributor ponsel pintar terbesar di dunia. Padahal, umur perusahaan ini masih sangat muda.

Saya sendiri pertama kali mengenal Xiaomi ketika sistem operasi Android yang dimodifikasi produsen ini dituduh menjiplak iOS dari Apple. Tuduhan ini terjadi sekitar pertengahan 2014 lalu. Ketika itu, desainer produk Apple, Jony Ive mengatakan, MIUI 6 benar-benar memiliki struktur desain yang sama persis dengan iOS.

Namun Co-Founder Xiaomi, Lin Bin langsung menyanggah. Bahkan ia menawarkan satu buah ponsel Xiaomi secara gratis pada Ive agar ia bisa membandingkan dengan lebih seksama. 

Melihat kontroversi ini, sebagai Apple Fanboy, bukan ingin mencela, malah saya pribadi merasa salut dengan Xiaomi ini. Jika bisa, saya beri acungan 4 jempol dan standing ovation sekaligus.

Sungguh, bukan bermaksud mempromosikan atau apa pun itu, tapi saya melihat bahwa Xiaomi ini bisa menggabungkan dua aspek penting untuk konsumen, yaitu keindahan dan kemudahan.

Seperti halnya iOS dalam perangkat Apple, sistem operasi Android hasil modifikasi Xiaomi (MIUI) terlihat sangat simpel. Tampilannya tidak bertele-tele dan tentu saja cantik dipandang. Namun kelebihannya, sistem operasi ini berbasis Android. Jadi Anda bisa bebas memodifikasi dengan mudah.

Poin inilah yang menjadi satu keunggulan perusahaan asal Tiongkok ini. Selain itu spesifikasi yang diusung Xiaomi pun tidak rendah. Mereka berani menjual ponsel spesifikasi tinggi dengan harga yang lebih rendah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN