Mohon tunggu...
Prastono Santoso
Prastono Santoso Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Dasar

Menjadi seorang pendidik adalah panggilan jiwa, menjadi seniman adalah pengembangan bakat

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Kebebasan atau Kebablasan dalam Berekspresi Seni

12 Juli 2022   19:28 Diperbarui: 12 Juli 2022   19:44 105 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bebearapa hari ini dunia seni pertunjukan Banyuwangi dihebohkan oleh adanya cuplikan vedeo seni pertunjukan Jaranan Buto yang beredar luas di media sosial baik whassap maupun facebook.

Dalam vedeo tersebut tampak adanya adegan yang kurang patut dipertontonkan untuk kalayak ramai/ masyarakat secara luas, yaitu ada beberapa penari dengan kostum jaranan buto yang sedang mengeroyok dan melakukan adegan pornografi kepada seorang penari gandrung.

Cuplikan vedeo tersebut mendapat reaksi keras dari kalangan seniman Banyuwangi yang tergabung dalam Himpunan Seniman Banyuwangi (HSB) atau Forum Komunikasi Seniman Banyuwangi ( FKSB ), dan beberapa nitizen.

Reaksi keras tersebut yaitu dalam bentuk klarifikasi terhadap ketua seni jaranan maupun terhadap para pelaku pertunjukan. Dari hasil klarifikasi tersebut  menghasilkan pernyataan permintaan maaf secara luas terhadap para seniman, pelaku seni, pegiat seni, dan masyarakat Banyuwangi lewat rekaman vedeo,baik dari ketua seni jaranan maupun dari para pelaku adegan tak senonoh dalam vedeo.

Apakah adegan dalam vedeo tersebut sebagai bentuk kebebasan berekspresi seni yang patut diapresiasi  atau sebuah kebebasan berekspresi seni yang kebablasan yang dapat menimbulkan kegaduhan? Mari kita simak uraian di bawah ini yang diambil dari beberapa cuplikan artikel sebagai pisau analisis terhadap adegan dalam cuplikan vedeo dimaksud di atas..

Seni pertunjukan merupakan karya seni yang menghadirkan sebuah tontonan estetis kepada masyarakat luas dengan melibatkan aksi seniman baik secara  individu ataupun berkelompok sesuai konsep pertunjukan yang dibawakan.

Adapun dalam menghadirkan suatu seni pertunjukan harus melibatkan beberapa unsur seperti ruang, waktu, gerak tubuh seniman dan juga hubungan anatara seniman dengan penonton.

Seni pertunjukan juga merupakan karya seni yang kompleks karena didalamnya bukan hanya melibatkan satu tipe komponen namun juga mengaitkan berbagai macam unsur seni.

Menurut Soedarsono, Seni pertunjukan adalah sebuah rumpun seni yang berfungsi sebagai sarana ritual, hiburan pribadi, dan presentasi estetis yang mengajarkan bagaimana selayaknya manusia berprilaku sosial.

Ada berbagai macam fungsi seni pertunjukan anatara lain sebagai berikut :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan