Mohon tunggu...
Pranata Candra Perdana Putra
Pranata Candra Perdana Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Research and Journalist

Undip Students

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Lampu Emergency Karya Mahasiswa KKN Undip Tim II Tahun 2022 Berhasil Diimplementasikan di Kelurahan Palebon

14 Agustus 2022   21:44 Diperbarui: 14 Agustus 2022   22:06 151 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lampu emergency atau lampu penerangan darurat memiliki fungsi sebagai lampu dalam keadaan darurat jika lampu utama tidak menyala. Lampu emergency merupakan lampu yang dapat menyala tanpa listrik. Lampu ini sebenarnya mempunyai batas waktu kemampuan untuk menyala. Nyala lampu ini sesuai dengan kapasitas baterai yang dimiliki lampu emergency.

Terdapat dua jenis lampu emergency, yaitu terdapat yang bersifat tetap dan portable. Jenis lampu emergency yang bersifat tetap hanya akan selalu terpasang di satu tempat saja. Sedangkan untuk yang bersifat portable memiliki keunggulan yang dapat diletakkan di mana saja dan sangat fleksibel di setiap ruangan.

Berdasarkan hal tersebut, Akhrim Oktaviano, Mahasiswa KKN TIM II 2021/2022 Universitas Diponegoro, Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik (FT), menciptakan sebuah alat lampu emergency portable di Kelurahan Palebon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang sebagai media edukasi pada masyarakat melalui program kerja "Perancangan Lampu Emergency Portable".

Dokpri
Dokpri

Kegiatan sosialisasi alat ini dilakukan pada tanggal 7 Agustus 2022, di mana hasil rancangan lampu portable tersebut diletakkan pada Kedai Pak Tulus yang sering dilalui oleh warga di RW 11 Kelurahan Palebon. 

Disamping membantu kegiatan berdagang para warga, program ini juga memiliki tujuan untuk mengedukasi dengan melakukan pemasangan poster kepada para warga khususnya di kelurahan Palebon mengenai lampu emergency yang bersifat praktis dan fleksibel untuk mengantisipasi terjadi pemadaman listrik yang tidak diinginkan.

Dengan dilakukannya pengedukasian ini, Mahasiswa berharap agar nantinya para warga Kelurahan Palebon yang rumahnya sering mengalami pemadaman listrik berkeinginan untuk memiliki sebuah lampu portable yang bersifat praktis dan fleksibel.

Penulis : Akhrim Oktaviano (S1 Teknik Elektro)

DPL : Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si.

Lokasi KKN : Kelurahan Palebon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan