Mohon tunggu...
Andri Pranata Kusuma
Andri Pranata Kusuma Mohon Tunggu... Insinyur - Short Escape Artist

Hi! Follow my journey also on my personal blog: thenomaddict.blog and my Instagram Account: @pranataandrii. Let's Travel together next time, shall we?

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Libur Singkat ke Pulau Cantik di Teluk Tomini, Togean

6 November 2018   15:42 Diperbarui: 10 November 2018   23:54 716 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Libur Singkat ke Pulau Cantik di Teluk Tomini, Togean
Ferry Gorontalo-Togean-Ampana

Mungkin teman-teman banyak yang sudah tahu tentang salah satu tempat wisata di Indonesia, Togean. Untuk yang belum tahu, Togean merupakan kepulauan yang terletak di Teluk Tomini, secara administratif Togean berada di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Dengan bermodalkan info-info yang Saya dapatkan dari internet diantaranya tips perjalanan dari blog pegipegi (baca: tips ke Togean dari Pegipegi.com) Saya memilih libur panjang Idul Fitri saat hendak mengunjungi Togean. Pertimbangannya karena hari liburnya yang cukup Panjang dan jadwal kapal menuju Togean yang tidak selalu ada setiap hari.

Untuk mencapai Togean teman-teman bisa menyebrang melalui Gorontalo ataupun dari Ampana menuju pelabuhan di Wakai, Togean. Jalur tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perjalanan laut dari Gorontalo membutuhkan waktu sekitar 10-12 jam dengan kapal ferry sedangkan dari Ampana hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4-5 jam saja. Dari Ampana ada pilihan juga dengan menggunakan kapal cepat, dengan harga yang lebih mahal sedikit, perjalanan dapat ditempuh hanya dalam kurun waktu 2 jam saja. Perbedaan lainnya, kalau lewat Gorontalo, menuju ke pelabuhan penyeberangan hanya 30 menit saja dari pusat kota Gorontalo dengan menggunakan bentor, banyak juga penerbangan langsung dari kota besar menuju Gorontalo. Sedangkan kalau lewat Ampana, teman-teman bisa menggunakan travel/bentor menuju pelabuhan dari Bandara Tanjung Api Ampana. Akan tetapi penerbangan ke Ampana terbatas, lebih mahal dari penerbangan ke Gorontalo, dan harus transit dulu dari Poso ataupun Palu.

Untuk mendapatkan tiket pesawat baik menuju Gorontalo atau Ampana, teman-teman dapat membuka website pegipegi.com ataupun download aplikasi pegipegi di smartphone teman-teman. Selain prosesnya yang cukup mudah, teman-teman bisa mendapatkan harga terbaik dengan promo-promo yang ada di pegipegi.

Aplikasi dan Website Pegipegi
Aplikasi dan Website Pegipegi
Nah apa saja sih yang bisa teman-teman jelajahi sewaktu di Togean? Diperjalanan Saya kemarin Saya mengunjungi titik-titik tempat wisata yang sudah cukup terkenal di Togean, diantaranya sebagai berikut:

1. Snorkeling di Reef 1 atau California Reef

Spot ini sudah terkenal dikalangan turis internasional. Spot ini memiliki visibilitas (tingkat kejernihan air) yang cukup baik, dengan model karang berupa dinding karang. Letak California Reef tidak begitu jauh dari danau ubur-ubur.

Terumbu Karang California Reef
Terumbu Karang California Reef
2. Snorkeling di Reef 4

Reef 4 berupa perairan dangkal dengan kedalaman bervariasi dari 1-5 meter. Visibilitas juga sangat bagus bisa sampai 10-15 meter padahal ketika Saya berkunjung itu sedang mendung dan Saya sempat pesimis kalau visibilitasnya bagus. Saat itu tidak banyak ikan disini tetapi terumbu karang dan ikan kecilnya bervariasi. Letaknya Reef 4 tidak begitu jauh dari Pulau Malenge.

Keindahan Karang Reef 4
Keindahan Karang Reef 4
3. Snorkeling di Reef 5

Berjarak setengah jam dari Reef 4, Reef 5 tidak kalah bagusnya dengan Reef lain yang Saya kunjungi. Menurut Saya pengalaman terbaik Saya snorkelling di Togean adalah di Reef 5 ini. Spotnya sangat luas layaknya lapangan bola. Tingkat kejernihan airnya juga sangatlah baik, terumbu karangpun masih sangat asri. Jenis ikan berukuran kecil sampai besarpun ada disini.

Dinding Karang Reef 5
Dinding Karang Reef 5
4. Main ke Pulau Papan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan