Mohon tunggu...
Nanda PramudyaFadli
Nanda PramudyaFadli Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Sedang cari pengalaman

Selanjutnya

Tutup

Musik

Konflik Iran Tahun 1979 dan Perkembangannya Hingga Saat Ini dalam Kerja Sama Internasional

17 Oktober 2021   23:54 Diperbarui: 18 Oktober 2021   00:13 79 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ayatullah Khomeini didepan rakyat Iran (Sumber : economist.com)

Iran saat ini dikenal sebagai negara salah satu negara islam yang mempunyai nama besar di dunia. Negara yang terkenal dengan sikapnya yang anti terhadap pengaruh dan dominasi barat (dalam hal ini Amerika Serikat) rupanya telah berlangsung selama lebih dari 35 tahun. 

Baru-baru ini isu yang sedang panas antara kedua negara itu adalah perang nuklir. Ayatollah Al-Khumeini selaku pemimpin Iran menegaskan jika Amerika tidak berhenti mencampuri urusan internal negara maka Iran akan mendeklarasikan perang nuklir terhadap Amerika. 

Hal seperti ini ternyata sangatlah berbeda dan bertolak belakang jika kita menengok kembali bagaimana kondisi Iran sebelum Revolusi Islam terjadi. 

Sebuah Revolusi besar telah terjadi di Iran pada tahun 1979, dimana Iran yang sebelumnya menganut sistem kerajaan atau monarki kemudian digantikan oleh sebuah sistem republik yang berideologikan dasar-dasar Islam. Dalam perjalanannya, revolusi ini telah merubah segala tatanan negara, yang sebelumnya merupakan sebuah negara sekuler dan berkiblat pada negara barat menjadi negara yang dijalankan berlandaskan agama islam. 

Beberapa tokoh yang muncul dari adanya Koflik revolusi ini adalah Muhammad Reza Pahlavi selaku Pemimpin Iran sebelum revolusi dan Ayatollah Ruhollah Khumeini selaku pemimpin revolusi islam yang digerakkan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat di Iran tersebut.

Iran Sebelum Terjadinya Revolusi 

Iran pada mulanya merupakan sebuah negara monarki yang dipimpin oleh sebuah dinasti bernama dinasti  pahlavi (pahlavi diambil dari nama belakang Shah Muhammad Reza Pahlevi). 

Dinasti ini telah berkuasa selama dua generasi yaitu mulai tahun 1925 sampai dengan 1979. Kurang lebih setengah abad lamanya dinasti ini berkuasa di Iran dan telah berganti sebanyak dua kali kepemimpinan. Kepemimpinan pertama yaitu dibawah Sultan "Shah" Reza Pahlavi. 

Dinasti ini muncul setelah Shah Pahlavi melakukan kudeta terhadap Dinasti Qajar yang berkuasa sebelumnya. Tepatnya pada tahun 1925 Shah Pahlavi mulai memimpin Iran menggantikan penguasa terakhir dinasti qajar yaitu Ahmad Shah Qajar. 

Pergantian kekuasaan ini dilakukan melalui kudeta militer dengan dalih bahwa dinasti qajar yang berkuasa saat itu tidak bisa mengatasi invasi Inggris dan Soviet terhadap Iran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan