Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Guru - Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Ketika Guru PJOK Menanyakan Kondisi Kesehatan di Awal Pembelajaran

3 Juni 2021   09:21 Diperbarui: 3 Juni 2021   09:54 1011 10 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Guru PJOK Menanyakan Kondisi Kesehatan di Awal Pembelajaran
Ilustrasi Kegiatan Pembelajaran PJOK - Sumber : edukasi.kompas.com

"Apakah ada yang sakit? Bagaimana, sudahkah siap mengikuti pembelajaran PJOK hari ini?"

Masihkah ingat pertanyaan yang kerap kali hadir di awal pembelajaran pada mata pelajaran (mapel) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) yang disampaikan oleh Bapak atau Ibu Guru PJOK? 

Ya, pertanyaan itu selalu ditanyakan oleh Guru PJOK untuk mengetahui bagaimana kondisi dan kesiapan peserta didik sebelum mengikti kegiatan pembelajaran PJOK. Hal ini dilakukan sebagai upaya preventif untuk meminimalisasi kemungkinan buruk resiko yang ditimbulkan selama kegiatan pembelajaran PJOK, misalnya resiko cedera. 

Bicara PJOK erat kaitannya dengan bagaimana kondisi tubuh manusia, utamanya tentang bagaimana kondisi kesehatan. Oleh sebab itu perlu langkah preventif yang tepat sebagai upaya antisipasi. 

Berangkat dari hal ini kita dapat menilai betapa perhatiannya Bapak dan Ibu Guru PJOK yang selalu menanyakan kesehatan peserta didik yang sangat dicintainya. 

"Niat berolahrga adalah untuk sehat, bukan malah menjadi sakit karena memaksakan diri mengikuti kegiatan pembelajaran PJOK ketika kondisi tubuh tidak sedang baik-baik saja."

Sembari menanyakan tentang kesiapan dan kondisi kesehatan peserta didik sebagai tahap pendahuluan dalam pembelajaran PJOK, guru pun tetap melakukan pengamatan satu per satu, apakah benar peserta didik dalam kondisi sehat dan siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang menuntut fisik prima atau malah sebaliknya, peserta didik harus mengurungkan niat mengikuti kegiatan pembelajaran PJOK dikarenakan kondisi fisik yang tidak prima karena sedang tidak enak badan atau sakit. 

Prinsipnya adalah memahami kondisi tubuh adalah penting dan jangan memaksakan diri untuk mengikuti kegiatan pembelajaran PJOK jika kondisi tubuh sedang tidak baik-baik saja. 

Tujuan PJOK untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Perlu diingat bahwasannya salah satu tujuan dalam PJOK adalh untuk meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik. Semakin baik kebugaran jasamninya diharapkan pula meningkat sistem imun tubuh, sehingga senantiasa dalam keadaan sehat dan bugar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN