Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

UAS Online? Yuk, Persiapkan dengan Baik!

20 Mei 2021   09:22 Diperbarui: 20 Mei 2021   09:42 92 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
UAS Online? Yuk, Persiapkan dengan Baik!
Persiapkan UAS Online dengan Baik Agar Dapat Berjalan dengan Lancar - Sumber : kompas.com

Akhir semester tahun ajaran 2020/2021 sudah di depan mata, begitu pun juga akan menghadapi ujian semester. Entah apa sekarang sebutannya. Ada yang masih menyebutnya dengan Ujian Akhir Semester (UAS), Ujian Kenaikan Kelas (UKK), dan ada pula yang menyebut (Penilaian Akhir Tahun). Beraga sebutan namun intinya sama yaitu seluruh peserta didik akan melaksanakn ujian untuk mengetahui ketercapaian kompetensi dalam pembelajaran yang nantinya dijadikan dasar untuk tindak lanjut selanjutnya. 

Beberapa sekolah mungkin ada yang sudah menyelenggarakan UAS secara luring dengan sistem shift dan dilaksanakan langsung di sekolah. Namun juga masih ada sekolah yang menyelenggarakan UAS secara daring atau online. Semua model pelaksanaan UAS membutuhkan persiapan khusus, tak terkecuali UAS yang dilakukan secara online. Oleh sebab itu, agar UAS dapat berjalan dengan lancar dan dalam kondisi sehat serta bugar, perlu rasanya mempersiapkan diri sebaik mungkin agar mendapatkan hasil optimal dari segala proses pembelajaran yang telah dilakukan selama satu semester ini.

Pahami Jadwal Pelaksanaan 

Ketika jadwal UAS dirilis, cek dengan betul kapan pelaksanaannya. Mulai dari tanggal hingga waktu pelaksanaannya. Kemudian Mata Pelajaran (Mapel) apa saja yang diujikan. Dengan memahami jadwal pelaksanaan, kita akan lebih mudah mengatur waktu untuk hal-hal yang sifatnya mendukung kesuksesan dalam pelaksanaan UAS itu sendiri. Jadwal, ini jangan dibiarkan saja dalam memori HP. Pahami hingga detil-detilnya, jangan sampai terlewat tidak ikut ujian karena lupa atau bangun kesiangan, bakal merugikan diri sendiri.

 Atur Waktu Istirahat

Jika keesokan hari ternyata ada jadwal UAS, ya jangan tidur larut malam dong! Gunakan waktu istirahat sebaik mungkin agar keesokan harinya terbangun dalam kondisi fresh dan siap menghadapi UAS. Jika tidur larut malam, sudah pasti akan mengganggu konsentrasi ketika mengerjakan soal-soal ujian. Mengerjakan soal ujian juga butuh energi, oleh sebab itu perlu recharge kembali dengan cara mengatur waktu istirahat sebijak dan sebaik mungkin.

Sarapan dan Mandi 

Mengerjakan UAS dalam jangka waktu yang relatif lama membutuhkan energi ekstra. Oleh sebab itu jangan lewatkan waktu untuk sarapan. Makanan yang disantap merupakan sumber energi ketika mengerjakan soal nantinya. Selain sarapan jangan lupa mandi ya! Hal ini sebagai wujud kesiapan diri menghadapai UAS.

Siapkan Perangkat dengan Baik

Jika UAS online dilaksanakan, pastika perangkat pendukung lancarnya ujian dipersiapkan dengan baik. Gunakan komputer atau laptop yang mumpuni untuk mengakses internet. Siapkan pula alat tulis lainnya yang dibutuhkan. Hal ini sangat berpengaruh dalam lancar atau tidaknya kegiatan UAS secara online dilaksanakan.

Periksa Koneksi Internet

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN