Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Donasi dan Zakat, Jangan Sampai Salah Sasaran

6 Mei 2021   09:18 Diperbarui: 6 Mei 2021   09:20 322 11 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Donasi dan Zakat, Jangan Sampai Salah Sasaran
Ilustrasi Zakat dan Sedekah, Di Era Digital Saat Ini Zakat, Sedekah, atau Donasi Dapat Dilakukan Secara Online - Sumber : kompas.com

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia" - HR. Ahmad

Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri. Saling bergantung dan saling membutuhkan satu sama lain adalah sebuah keniscayaan. Ada kaya ada miskin, ada tua ada muda, semua saling bahu-membahu dalam berkehidupan, idealnya seperti itu. Islam sendiri mengajarkan bagaimana menjadi manusia yang mampu memanusiakan manusia lainnya. 

Karena berdasar hadist riwayat Ahmad disampaikan bahwa "sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia". Berangkat dari hadis tersebut, penerapan hablum minannnas salah satu wujudnya adalah saling memberikan kebermanfaatan satu sama lain. Contohnya adalah dengan saling tolong menolong dan saling bahu membahu dalam hal kebaikan. 

Dalam kehidupan ada sebuah pembelajaran. Di setiap orang yang kita temui selalu pula ada pembelajaran tentang hidup yang tersirat. Rezeki sudah diatur oleh Allah SWT, dan semua itu bukan sepenuhnya milik kita, ada juga bagian dari orang lain. Ketika diberi rezeki harta melimpah sudah sewajarnya untuk senantiasa mengingat akan hal itu. Banyaknya harta dan kesenangan yang diberikan bisa juga sebagai istidraj. Oleh sebab itu jangan sampai sedikitpun lalai atas harta melimpah dan kesenangan yang telah didapatkan, ingatlah ada hak orang lain yang harus disampaikan.

Islam mengajarkan untuk saling mengasihi dan saling menyayangi. Cukup sederhana saja, dari kalimat basmalah yang tersurat tentang kasih dan sayang yang harus benar-benar diterapkan dalam kehidupan keseharian. Ketika melihat orang yang kesusahan, kita harus tanggap dan segera membantu untuk melepaskan diri dari sulitnya hidup. Salah satu cara adalah dengan zakat dan atau sedekah

"Tak perlu menunggu kaya untuk dapat berbagi"

Tak perlu menunggu kaya untuk dapat berbagi harus dijadikan prinsip dalam hidup. Sebesar apapun harta yang kita punya sudah sepatutnya untuk dapat berbagi kepada sesama. Bukan nominalnya namun niat ikhlas yang nantinya akan membawa keberkahan tersendiri. 

Zakat, Sedekah, atau Donasi Online 

Di era digital dimana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat hampir di semua lini kehidupan dapat dilakukan dengan mudah berbasis teknologi. Tak terkecuali berkaitan dengan zakat, sedekah, ataupun donasi. Semua hal itu dapat dilakukan dengan mudah. Hanya dalam genggaman zakat, sedekah, atau donasi dapat tersampaikan kepada yang membutuhkan dengan cepat dan tanpa ribet. Saat ini sudah banyak lembaga -lembaga sosial yang memfasilitasi zakat, sedekah, atau donasi secara online. Dimanapun dan kapanpun kita berada dapat melakukan ibadah mulia tersebut. Hanya dengan sentuhan halus pada layar HP, semua itu dapat dilakukan dengan mudah. Dan tak perlu khawatir semuanya pasti sudah dipertimbangkan sesuai syariat.

Lebih Praktis 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN