Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Pendidikan Jasmani | Instagram : @pramagreatwarrior

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Guru Masa Kini dalam Menghadapi Pembelajaran Abad 21

21 Agustus 2020   10:58 Diperbarui: 21 Agustus 2020   10:55 449 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Guru Masa Kini dalam Menghadapi Pembelajaran Abad 21
Mengintegrasikan Teknologi dalam Pembelajaran Masa Kini - Sumber : pendidikan.id

Tak bisa dipungkiri bahwasannya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangatlah pesat. Hal tersebut menyebabkan beragam disrupsi di segala bidang yang mau tidak mau harus dihadapi tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Di era abad 21 ini informasi dapat diakses dengan sangat cepat oleh siapa saja dan di mana saja. Oleh sebab itu perlu kiranya filter yang tepat untuk menyaring segala informasi yang ada.

Pembelajaran pada abad 21 sungguh merubah paradigma seorang guru dalam melaksanakan tugas mulianya. Segala sesuatunya harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Perubahan adalah keniscayaan yang tak mungkin untuk dicegah, oleh sebab itu perlu kiranya seorang guru untuk beradaptasi dengan cepat.

Tak hanya peserta didik yang harus mahir dalam menguasai teknologi guru pun juga tidak boleh kalah dalam mengoperasikan beragam media pembelajaran terkini. Pemerintah pun memfasilitasi pelatihan-pelatihan media pembelajaran masa kini, sehingga tidak ada alasan untuk terus mengembangkan diri meningkatkan kompetensi.

Penerapan TPACK (Technological, Paedagogy, Content Knowledge) dalam hal menghadapi era disrupsi revolusi industri dimana pendidikan juga terdampak sangatlah tepat dan relevan. Kita sebagai guru perlu memahami bahwasannya dalam era seperti ini terjadi banyak perubahan. Karkater peserta didik generasi z yang memiliki cara belajar yang sungguh berbeda hingga bagaimana penerapan metode pembelajaran yang tepat.

Dengan penerapan TPACK ini semua akan terintegrasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pembelajaran. Mengingat guru tidak hanya sekedar transfer ilmu kepada peserta didik namun juga menamkan nilai-nilai sebagai upaya optimalisasi pendidikan karakter. Berdasarkan itu perlu mendesain sebuah pembelajaran yang yang terintegrasi dengan menerapkan prinsip-prinsip TPACK dengan memperhatikan dan menyesuaikan karakteristi peserta didik masa kini. Bagaimanapun juga selain sebagai fasilitator guru juga memiliki peran sebagai kontrol bagi peserta didiknya dalam menggunakan teknologi dalam menyerap informasi.

Tak perlu merasa takut dan khawatir dalam menghadapi masa kini dan menghadapi disrupsi dalam dunia pendidikan. Menjadi guru pembelajar yang adaptif adalah sebuah tantangan agar terus mampu menebar kebaikan melalui pendidikan. Perubahan adalah keniscayaan yang tak mungkin dicegah arus derasnya. Kebijaksanaan adalah kunci dalam menghadapi perubahan-perubahanya yang nyata adanya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x