Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Pendidikan Jasmani | Instagram : @pramagreatwarrior

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

"Jambu", Namun Bukan Nama Buah

12 Agustus 2020   20:28 Diperbarui: 12 Agustus 2020   20:33 119 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Jambu", Namun Bukan Nama Buah
Stasiun Jambu - Dokumen Pribadi

Kembali lagi membahas mengenai beragam tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang. Baik tempat wisata sejarah maupun wisata kuliner. Apapun pilihannya, tujuannya untuk memanjakan diri setiap pengunjung yang menyambanginya.

Beberapa waktu lalu dibahas tentang Ambarawa. Kota sarat akan nilai historis dan heroisme. Lalu bagaimana nikmatnya melihat pemandangan alam dengan naik kereta kuno dari Museum Kereta Api Ambarawa menuju Stasiun Tuntang dengan keindahan Rawa Pening yang ditawarkan oleh rute tersebut.

Tak kalah menarik pula rute dari Museum Kereta Api Ambarawa menuju ke Stasiun Bedono. Jalur menanjak dengan rel bergerigi menambah sensasi tersendiri. Pengalaman baru berwisata dengan kereta api uap kuno.

Saatnya kita lebih mengeksplorasi lagi tempat-tempat wisata yang berada di sekitar Ambarawa. Adalah Jambu salah satu nama kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang. Berbatasan langsung dengan Kecamatan-Kecamatan Ambarawa. Apabila anda dari Semarang menuju Jogja jelas akan melewati Kecamatan tersebut. Ingat ya, Jambu yang ini bukan nama buah lho. 

Apabila anda dari Semarang menuju Jogja kemudian setelah melewati Ambarawa anda akan memasuki rute penuh tanjakan dan berkelak-kelok, nah anda sedang berada di Jambu. Saat anda berkereta dari Ambarawa menuju Bedono pun akan melewati Statsiun Jambu. Tak terlalu sulit untuk menemukannya.

Pemandangan di Sekitar Stasiun Jambu - Dokumen Pribadi
Pemandangan di Sekitar Stasiun Jambu - Dokumen Pribadi

Salah satu tempat wisata yang terkenal di Jambu adalah wisata lereng kelir dan dusun kopi sirap. Di daerah tersebut terdapat perkebunan kopi yang sangat luas. Sebuah destinasi wisata edukasi, budaya, dan kuliner. Lengkap dan sangat sayang sekali jikalau anda melewatkan destinasi wisata ini.

Karang Taruna, perangkat dusun, perangkat desa, gabungan kelompok tani, dan pihak-pihak terkait lainnya bersinergi untuk mengelola dan mengoptimalkan potensi wisata yang ada. 

Menikmati kopi khas dusun kopi sirap ditemani semilir angin khas lereng kelir. Sungguh nikmat tiada tara. Wisata edukasi menambah lengkap dimana anak-anak kita dapat meningkatkan kreativitasnya dan kita pun juga dapat belajar budaya masyarakat di sana. Sangat asyik dapat berwisata ke sana bersama keluarga atau bersama teman-teman. 

Sebuah destinasi wisata unik di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Jangan dilewatkan agar tak menyesal nantinya. (prp)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x