Mohon tunggu...
Prama R Putranto
Prama R Putranto Mohon Tunggu... Guru - Menebar Kebaikan dan Energi Positif

Berbagi Kebahagiaan | Pendidikan Jasmani | Sebuah Novel Jam Sukat dan Peluit | Instagram : @pramagreatwarrior | Twitter : @pramaGW

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Manfaat Berlatih Karate

15 Mei 2020   13:21 Diperbarui: 19 Mei 2020   13:25 660 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Manfaat Berlatih Karate
Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Salah satu kegiatan positif untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah dengan berolahraga. Berbagai macam olahraga dapat anda lakukan dan karate merupakan alternatif pilihan. Mengapa karate? Banyak manfaat yang akan anda dapatkan apabila berlatih karate dengan penuh ketekunan dan semangat tinggi. Berikut ulasannya :

CHARACTER BUILDING

Dalam karate terdapat nilai filosofis yang terkandung, dimana nilai-nilai tersebut wajib diterapkan dalam proses latihan dan juga dalam kehidupan sehari-hari. Nilai – nilai luhur yang terkandung terdapat pada Dojo Kun dan Niju Kun.

Mempelajari karate tidak hanya tentang fisik ataupun ketrampilan gerak beladiri saja namun juga kita mempelajari berbagai nilai-nilai luhur seperti Rei (Saling menghormati), kejujuran, dan penguasaan diri yang nantinya hal-hal tersebut membentuk karakter baik seorang karateka sejati. Meraih kesempurnaan gerak dan juga ketenangan jiwa.

Dojo Kun : Kode Etik wajib dalam Dojo dimana menerapkan nilai-nilai tentang terus mencari dan menemukan sebuah kesempurnaan dalam jiwa, tentang sebuah kejujuran, tentang terus berusaha pantang menyerah, saling menghormati, dan menahan diri untuk tidak melakukan kekerasan. 

Pada prinsipnya belajar karate tidak hanya berkaitan dengan ketrampilan secara fisik saja namun juga tentang filosofi atau nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Niju Kun : 20 Prinsip Semangat Karate Oleh Gichin Funakoshi

1. Dalam karate dimulai hormat (rei) dan diakhiri dengan hormat pula.

2. Tidak ada sikap menyerang lebih dulu dalam karate.

3. Karate adalah sebuah pertolongan kepada keadilan.

4. Pertama kenali dirimu sendiri baru orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan