Mohon tunggu...
Mbak Intan
Mbak Intan Mohon Tunggu... Relawan - Kontributor News Kompas

Sekretaris

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa Farmasi Ubaya dan Team Kampung Bangkit Ubaya: Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal

4 Desember 2022   08:43 Diperbarui: 4 Desember 2022   08:48 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembiacara Utama ( Nara Sumber ) adalah : Ibu apt. Kartini, Msi.,Ph.D. - Foto Sumber: Dokumen Pelatihan Universitas Surabaya

Sidoarjo-: Kegiatan pelatihan atau lebih dikenal dengan Program Penggabdian pada Masyarakat  merupakan bagian dari kegiatan Kampung Bangkit yang dilaksanakan oleh Tim Dosen Universitas Surabaya (UBAYA) melalui hibah PPM internal yang didanai oleh LPPM UBAYA.

Tim pelatihan  kali ini  merupakan Team Pelatihan dengan beberapa dosen dari lintas bidang yaitu Fakultas Farmasi (apt. Nikmatul Ikhrom Eka Jayani, S.Farm.MFarmKlin dan apt. Karina Citra Rani, S.Farm., MFarm), Fakultas Kedokteran (dr. Anita Dahliana, M.Kes., AAAK) Dengan Koordinator Bpk. apt. Tjie Kok , S.si.,Msi.,Ph.D.  

Dengan Pembiacara Utama ( Nara Sumber ) adalah : Ibu apt. Kartini, Msi.,Ph.D.

Tujuan dan Sasaran yang ingin dicapai adalah Menambah ketrampilan Masyarakat Kampung Bangkit Wage Permai untuk membuat Minuman Herbal dari Kebun TOGA sendiri.

Dalam Paparan yang telah di sampaikan Oleh Nara sumber  yakti  Ibu apt. Kartini, Msi.,Ph.D , dijelaskan Bahwa Pembuatan Minuman Herbal dari Hasil kebun TOGA adalah sangat Mungkin untuk dilakukan oleh Ibu-ibu PKK Kampung Bangkit Wage Permai .

Beberapa hal yang di Jelaskan dalam Kesempatan Pelatihan tersebut  adalah Pemilihan Bahan dan Juga Penggunaan Bahan tamb,ahan yang aman ( Food Grade )  juga Pengenalan Bahan , Takaran Bahan serta Proses Pengolahan, Semua-nya di Kupas Tuntas sampai Praktek Langsung sehingga menjadi Minuman Herbal Yang siap Saji.

Hal Lain Juga yang di Singgung adalah Teknik Pemasaran yang akan bisa di kembangkan sekiranya Produk dan Hasil Produksi Minuman Herbal yang telah di buat Oleh Ibu - Ibu PKK kampung Bangkit WAGE PERMAI.

Senada dengan Hal tersebut juga didapatkan keterangan dari Bpk. apt. Tjie Kok , S.si.,Msi.,Ph.D. selaku Koordinator Team Pelaksana Pelatihan Kampung Bangkit , Bahwa " Pelatihan dan Pendampingan akan di lakukan secara terus menerus sampai menjadi Produk UMKM yang menjadi Unggulan Kampung Bangkit di Perumahan Wage permai ini, Program Kampung Bangkit ini adalah salah satu Program dari KEMENRISTEK DIKTI  dan Berkolaborasi dengan Pengembangan Kebun TOGA di Perumahan WAGE PERMAI  yang diharapkan dapat menjadi salah satu hasil Positif serta  menjadi Produk Unggulan dari Kampung Bangkit WAGE PERMAI kedepan-nya " Demikian Informasi dari Koordinator Team Pelaksana Bpk. apt. Tjie Kok , S.si.,Msi.,Ph.D.

"Pelatihan kali ini adalah sebagai lanjutan dari  Penanaman Tanaman TOGA yang telah dilakukan selama 3 bulan untuk Pendampingan Pembuatan dan Penanaman Kebun TOGA  yang telah di lakukan oleh Kampung Bangkit WAGE PERMAI, dengan Pendanaan Internal dari Pihak UBAYA dan melihat Antusias Warga Kampung Bangkit Wage Permai maka mendapatkan sambutan Positif dari DIKTI dalam Hal ini DIKTI untuk memberikan HIBAH INSENTIF dan Pelatihan Proses Produksi Minuman Herbal yang akan menjadi Produk Unggulan dari Kampung Bangkit WAGE PERMAI " Demikian Info dari apt. Nikmatul Ikhrom Eka Jayani, S.Farm.MFarmKlin yang juga hadir dalam Pelatihan Kali ini.

Produk Hasil Pengolahan Proses Tanaman TOGA Kampung Bangkit Wage Permai - Jahe Instan : Foto Sumber Dok. Dokumen Pelatihan Universitas Surabaya.
Produk Hasil Pengolahan Proses Tanaman TOGA Kampung Bangkit Wage Permai - Jahe Instan : Foto Sumber Dok. Dokumen Pelatihan Universitas Surabaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun