Mohon tunggu...
pradya ingrinabila
pradya ingrinabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/mahasiswa

Hobi tidur cita-cita jadi org kaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pasar Monopolistik dan Pasar Oligopoli

2 Desember 2022   12:00 Diperbarui: 2 Desember 2022   12:14 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PASAR MONOPOLISTIK DAN PASAR OLIGOPOLI

 Berbicara tentang pasar, yang terlintas dipikiran kita adalah suatu kegiatan atau interaksi antar penjual dan pembeli. Yang dimana dalam kegiatan Ini memiliki unsur tawar menawar antara pembeli dan penjual untuk menentukan titik keseimbangan harga. Pasar juga merupakan pusat utama perbelanjaan yang dituju oleh masyarakat, dikarenakan pasar memiliki banyak pilihan barang dan memiliki harga yang sedikit miring dari pada di toko-toko. oleh karena itu, pasar menyediakan semua jenis keperluan masyarakat dari peralatan rumah tangga, sayur, ikan, dan baju. 

Adapun Sistem transaksi yang ada didalam pasar yaitu sistem menggunakan uang untuk pembayaran - nya dan ada pula menggunakan sistem  barter yang mana cara ini dilakukan sejak zaman dahulu, sistem barter masih digunakan oleh masyarakat disebabkan kurang mampu dalam segi ekonomi kehidupannya dan sistem ini memiliki nilai seni tersendiri dalam melakukan kegiatan jual beli antara pedagang dan konsumen.

Di atas merupakan sedikit penjelasan tentang kegiatan yang ada didalam pasar. Selanjutnya kita akan membahas tentang apa itu pasar monopolistik? Ciri -ciri, kelebihan dan kekurangan, dan yang terakhir adalah contoh dalam pasar monopolistik .Dan apa itu pasar oligopoli? Apa saja ciri – ciri, jenis, dan contoh yang ada di dalam pasar oligopoly. Yang pertama kita bahas yaitu pasar monopolistik;

PENGERTIAN PASAR MONOPOLISTIK

Pasar monopolistik merupakan pasar persaingan yang tidak sempurna. Pasar monopolistik adalah sebuah pasar yang memiliki banyak konsumen dan memiliki banyak penjual dengan menawarkan satu jenis barang yang beragam biasanya barang – barang tersebut sering kali terlihat di mini market yang letak nya tidak jauh dari lingkungan masyarakat. 

Dalam pasar ini produsen akan bekerja sama untuk menawarkan produk atau barang yang sama menggunakan metode yang berbeda – beda untuk menarik perhatian konsumen, salah satu metode yang mereka gunakan adalah memberikan promo pada produk yang mereka jual agar pembeli atau konsumen tertarik. Dan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, produsen akan mengolah satu jenis produk dengan kualitas yang bagus, berbagai bentuk, dan berbagai ukuran dalam setiap produk nya.

CIRI – CIRI PASAR MONOPOLISTIK

Ciri – ciri yang ada di pasar monopolistik diantara nya yaitu sebagai berikut;
1.Dalam pasar ini memiliki banyak penjual atau pedagang dan produsen untuk menawarkan barang yang memiliki beragam varian disetiap produknya
2.Mempunyai satu jenis barang yang berbeda – beda dalam setiap produk nya
3.Produsen tidak dapat mempermainkan harga di karenakan harga sudah ditentukan oleh perusahaan
4.Mudah nya keluar masuk untuk para pedagang dan pembeli tanpa memikirkan banyak biaya
5.Tumbuh nya kreatif dan inovasi untuk produsen mengolah barang – barang selanjutnya
setelah mengetahui ciri – ciri yang ada pada pasar monopolistik, kita harus mengetahui pula apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada pasar monopolistik. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan nya antara lain yaitu;

KELEBIHAN DARI PASAR MONOPOLISTIK
•Pembeli lebih mudah mencari barang yang dibutuhkan
•Mudah nya penjual keluar masuk pasar untuk menjual barang dagangan nya tanpa mengeluarkan biaya yang besar untuk modal
•Pedagang dan produsen lebih mudah mengembangkan kreatif nya masing – masing

KEKURANGAN DARI PASAR MONOPOLISTIK
•Anggaran yang dibutuhkan sangat besar dikarenakan pemilihan produk yang berkualitas tanpa adanya persaingan harga antar produsen
•Persaingan antara penjual sangat ketat
•Kurang nya market share di dalam pasar
Adapun beberapa contoh yang harus kita ketahui tentang bagaimana pasar monopolistik diantara nya adalah ;
1.Pabrik rokok
Pabrik rokok yang terdapat di indonesia sangat lah beragam antara lain ada rokok sampoerna, Gudang garam, wismilak dan lain – lain. Dari ketiga contoh rokok tersebut mempunyai masing – masing perusahaan yang mengeluarkan beragam varian rasa dan kemasan yang berbeda – beda disetiap produk nya. Dalam pemasaran nya setiap perusahaan mempunyai kekuasaan untuk mencantumkan harga dari masing – masing produk nya, mereka tidak mengharuskan disetiap produk yang dikeluarkan harus sama harga jualnya. Tetapi kekuasaan tersebut tidak dapat digunakan kepada orang yang menjual di pasaran.
2.Pabrik sepeda motor
Di Indonesia mempunyai dua perusahaan yaitu perusahaan motor yahama dan perusahaan motor honda. Yang mana kedua perusahaan ini mengeluarkan produk yang berbeda bentuk dan harga disetiap unit nya, dan setiap perusahaan ini memiliki keunggulan nya masing – masing seperti Yamaha keunggulan karena memiliki tenaga yang kualitas nya diatas motor yang lain, sedangkan honda memiliki keunggulan irit dan lebih mudah mencari barang untuk service nya.
Dari kedua contoh diatas dapat diartikan bahwa di dalam pasar monopolistik yaitu di sebuah perusahaan yang berbeda menghasilkan barang yang sama dengan menciptakan ide atau karakteristik nya masing – masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun