Mohon tunggu...
Pradista Intan
Pradista Intan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Sedang menekuni bidang studi Linguistik. Memiliki minat di bidang kebahasaan, sosial humaniora, dan sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

The Rings of Power Episode 4: Ambisi Galadriel dan Petunjuk Mengenai Sosok Adar

18 September 2022   13:00 Diperbarui: 18 September 2022   13:13 621 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

[Tulisan ini mengandung bocoran/spoilers untuk episode 4 serial The Rings of Power]

Dengan dirilisnya episode 4 yang diberi tajuk "The Great Wave" ini menandakan bahwa kita sudah berada di pertengahan jalan cerita season pertama serial The Rings of Power. Namun, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah di mana tokoh antagonis utama kita? Dan mengapa jalan cerita serial ini masih terasa... belum terbentuk?

Episode 4 tidak begitu membawa kita kemana-mana dengan sangat sedikitnya hal-hal signifikan yang terjadi. Serial ini seharusnya mengisahkan tentang Sauron dan pembuatan cincin kekuasaan, tapi bahkan ketika sudah setengah jalan di season pertama, tidak ada petunjuk yang berarti mengenai dua hal tersebut.

Kita terjebak di dalam tempo cerita yang sangat lambat minggu ini. Episode 4 lebih menonjolkan beberapa karakter yang sedang berada di dalam fase ketika mereka memilih untuk mengambil risiko yang dapat menyulitkan mereka nantinya.

Untuk mempermudah pengulasan jalan cerita, tulisan ini akan berfokus pada tiga lokasi utama, yaitu Kerajaan Pulau Numenor, Khazad-dum atau kerajaan bangsa kurcaci, dan Negeri-Negeri Selatan (Southlands). Dengan berfokus pada ketiga tempat tersebut, tulisan ini akan membahas tokoh-tokoh yang berperan di dalamnya, seperti Galadriel, Durin, dan Adar.

AMBISI GALADRIEL DAN MIMPI KEHANCURAN NUMENOR

Episode 4 dibuka dengan mimpi Ratu Miriel tentang kehancuran Kerajaan Numenor yang tidak terelakkan. Mimpi ini sangat dekat dengan bagaimana J.R.R. Tolkien mendeskripsikan kehancuran Numenor menjelang akhir Periode Zaman Kedua (Second Age). Mari berharap serial ini tidak begitu cepat menunjukkan kehancuran Numenor yang sebenarnya sebelum melibatkannya pada hal-hal signifikan di episode-episode mendatang.

Ratu Miriel tidak begitu menunjukkan ketertarikan dengan usulan Galadriel dan menurut saya, ketakukan akan mimpi tentang kehancuran Numenor menjadi salah satu penyebabnya. Ia yakin bahwa keberadaan Galadriel di kerajaannya akan membawa hal yang buruk bagi Numenor. Jadi, ia mengusirnya.

Galadriel dan Ratu Miriel menunjukkan kesamaan di sini, yaitu keduanya sama-sama membawa beban yang berat di pundak mereka. Galadriel, yang mengetahui bahwa Sauron masih hidup dan berambisi untuk menghentikannya dan Ratu Miriel, yang melihat bagaimana kerajaannya sendiri akan hancur diterjang ombak. Namun, pada akhirnya, hal tersebutlah yang kemudian membantu menguatkan aliansi antara kedua tokoh ini.

Sumber: Prime Video
Sumber: Prime Video

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan