Mohon tunggu...
Juniar ragil (popoy)
Juniar ragil (popoy) Mohon Tunggu... Lainnya - Mencari

Lakukan

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Wonderfull Toba

22 September 2021   11:11 Diperbarui: 22 September 2021   11:58 114 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wonderfull Toba
Puncak bukit gajah bobok. dokumentasi pribadi



Hallo sobat traveler, kali ini kita bahasa tentang wisata Indonesia yang tak kalah jauh pesona nya dari luar negeri yaitu danau toba.

Yaps, pasti anda semua sudah mendengar tentang danau toba, keindahan danau toba? dan bahkan apa sebab terjadi nya danau toba.  Ya danau toba merupakan salah satu danau yang terleteak di pulau andalas (Sumatra) di bagian Sumatra utara yang di kenal kota medan. Tapi danau toba bukan berarti ada di kota medan melainkan kabupaten karo yang mana bisa memakan waktu sekitar 2-3 jam dari medan ke danau toba.

Destinasi super prioritas (DSP) danau toba bukan hanya melihat danau saja melainkan wisata lain nya yang begitu banyak seperti budaya adat, tarian, dll. Maka danau toba bisa menjadi tujuan wisata bagi anda yang ingin berlibur melihat alam, budaya, sebab danau toba salah satu danau yang di Indonesia telah masuk geopark kaldera oleh dewan eksekutif unesco di paris pada tanggal 7 july 2020.

Tour wisata danau toba bisa juga menjadi tajuk penelitian para ilmuan ahli vulkanologi dalam material bekas letusan gunung toba yang terjadi pada antara 63.000 dan 77.000 tahun yang lalu. Yang mana letusan super volcano ini salah satu letusan terdahsyat di dunia pada zaman itu. Yang geology asala belanda Van bemmelen pada tahun 1939 mengungkapkan toba adalah salah satu gunung berapi. Dengan letusan dashyat ini kaldera toba tertutup bebatuan yang beku, dan kemudian air mengisi loakasi letusan dan terbentuklah danau toba.

Dengan erupsi toba ini menjadi danau vulakanik terbesar didunia, dimana tercipta diatas pulau ada pulau yang sering disebut masyarakat dana toba yaitu pulau samosir. Danau toba juga memiliki kedalaman 500 meter dan berukuran 90 x 30 km.

Wisata ke danau toba  layak dijadikan Mice prioritas, kerena wisata danau toba juga memilik ragam budaya adat yang sangat kental dengan tarian-tarian adat setempat. Apalgi kita berkunjung kepulau samasosir kita akan takjub melihat tarian sigale-gale ciri khas dipulau samosir.

Tempat camping danau toba paropo (silalahi). Photo pribadi
Tempat camping danau toba paropo (silalahi). Photo pribadi

Wisata di sekitar danau toba juga bagus untuk yang hobby ngecamp malam minggu, yang letak camp di pinnggir danau toba dekat daerah paropo (silalahi) bisa melihat keindahan malam didanau toba serta melihat sunrise di pagi hari nya di pinggiran danau toba. Berjalan lagi keliling danau toba kita juga bakal dapat melihat pemandangan alam yang cantik yaitu air terjun sipiso-piso, yang mana air terjun ini adalah air terjun tertinggi Indonesia dengan ketinggian 120 meter.

Air terjun sipisopiso. dokumentasi pribadi
Air terjun sipisopiso. dokumentasi pribadi

So apalagi, kalau membahas danau toba itu tidak akan habis, karena danau toba begitu luas dan begitu banyak tempat alam yang begitu indah. Dan bisa seminggu untuk menghabiskan waktu untuk liburan dikawasan danau toba saja, karena wisata danau toba begitu banyak dan sangat menakjubkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan