Mohon tunggu...
PMM Tawangrejeni 2025
PMM Tawangrejeni 2025 Mohon Tunggu... Universitas Muhammadiyah Malang

Kelompok PMM Universitas Muhammadiyah Malang Desa Tawangrejeni 2025

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kenalkan Coding ke Siswa SD Tawangrejeni 2: Langkah Awal Menuju Literasi Digital

23 Agustus 2025   18:35 Diperbarui: 23 Agustus 2025   19:35 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama dengan Kepala Desa Tawangrejeni. sumber: Tim dokumentasi kelompok PMM.

Malang, Jawa Timur - Sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengambil inisiatif memperkenalkan dasar-dasar pemrograman komputer (coding) kepada siswa SD Tawangrejeni 2. Program ini menjadi langkah awal dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi era digital yang kian pesat.

Pembelajaran Scratch Programming. sumber: Tim dokumentasi kelompok PMM
Pembelajaran Scratch Programming. sumber: Tim dokumentasi kelompok PMM

Program Pengenalan Coding untuk Anak

Kegiatan ini dilaksanakan oleh lima mahasiswa Program Studi Informatika UMM selama dua minggu. Sasarannya adalah siswa kelas 5 dan 6 SD Tawangrejeni 2. "Kami ingin membuktikan bahwa coding bukan hal yang rumit dan menakutkan bagi anak-anak. Dengan pendekatan yang tepat, mereka bisa belajar sambil bermain," ujar Ken Irgi Putra, Koordinator Kelompok PMM.

Metode Pembelajaran yang Menyenangkan

"Desain Kreatif dengan Canva"

Mahasiswa UMM Memperkenalkan Canva, platform desain grafis berbasis web yang mudah digunakan. Melalui aplikasi ini, siswa belajar membuat poster, kartu ucapan, hingga konten sederhana untuk media sosial. "Anak-anak terlihat bersemangat ketika berhasil membuat poster buatan sendiri dengan warna dan gambar pilihan mereka. Mereka merasa seperti desainer sungguhan," tutur Alfarizi, salah satu anggota kelompok PMM.

"Serunya Scratch Programming"

Selain Canva, siswa juga diajak mencoba Scratch, bahasa pemrograman visual yang dirancang khusus untuk anak-anak. Melalui Scratch, mereka bisa membuat animasi, cerita interaktif , bahkan game sederhana. "Anak-anak sangat antusias saat melihat karakter di layar bergerak sesuai perintah mereka. Itu seperti sulap bagi mereka," ujar Kurnia Nurhajijah, Salah satu anggota kelompok PMM.

Foto Bersama Kepala Sekolah SD Tawangrejeni 2. sumber: Tim dokumentasi kelompok PMM
Foto Bersama Kepala Sekolah SD Tawangrejeni 2. sumber: Tim dokumentasi kelompok PMM

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun