Mohon tunggu...
PMMUMMMargotaruno
PMMUMMMargotaruno Mohon Tunggu... PMM UMM

Gelombang 5 Kelompok 5

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Penempatan Tempat Cuci Tangan Sederhana oleh Mahasiswa dalam Kegiatan PMM di Dusun Ngegot

8 September 2020   00:06 Diperbarui: 8 September 2020   00:26 16 0 0 Mohon Tunggu...

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang, kelompok 25. Bertempat di Ngegot, Kota Pasuruan, Jawa Timur. (01/09)

Mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Malang yang melaksanakan kegiatan PMM di daerah Ngegot atau Margotaruno, Kota Pasuruan tersebut melakukan penempatan ember beserta sabun. Ember dan sabun tersebut telah disediakan oleh mahasiswa sendiri untuk mencuci tangan bagi warga sekitar dan sudah siap pakai, berkaitan dengan masa pandemi saat ini. Pelaksanaan tersebut dilakukan pada beberapa titik bagian dusun dengan harapan warga lebih sadar dan teringat untuk mencuci tangan setiap setelah melakukan kegiatan diluar rumah.

Persiapan kegiatan tersebut sebelumnya telah direncanakan. Karena mengetahui masih belum tersedianya tempat cuci tangan pada teras rumah, dan melihat warga dusun Ngegot mayoritas bekerja sebagai pekerja mebel, yang terletak di depan rumah warga masing-masing, ada juga yang melakukan pengiriman. Tidak hanya itu, kegiatan berkunjung ke tetangga juga sering dilakukan karena kepentingan pekerjaan, dan silaturahmi warga. Awal pelaksanaan dilakukan observasi untuk menentukan titik lokasi yang sring dilalui warga dusun Ngegot. Tidak berlangsung lama setelah observasi, mahasiswa menggunakan barang sederhana seperti ember biasa, dan kran air plastik.

Kegiatan langsung dilaksanakan setelah semua keperluan sudah siap. Kegiatan ini sangat didukung oleh perangkat desa dan diterima dengan baik oleh warga. Mahasiswa juga meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik rumah terdekat saat penempatan tempat cuci tangan sederhana tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x