Mohon tunggu...
PMM Desa Bakalan
PMM Desa Bakalan Mohon Tunggu... Anggota Kelompok PMM 42 Gelombang 14

Anggota Kelompok PMM 42 Gelombang 14 Ketua : Hafidh Nur Leksono Wakil : Prima Agam Yudhistira Sekertaris : Hanifah Zain Azhar Bendahara : Yasmin Mumtaz Humas : Ainun Muliasari

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pembukaan PMM Kelompok 42 Gelombang 14 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

15 Desember 2020   12:38 Diperbarui: 15 Desember 2020   13:16 76 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pembukaan PMM Kelompok 42 Gelombang 14 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
Kepala Desa, Supriono, Meresmikan kegiatan PMM 

Kediri, Senin (14/12) Kelompok 42 gelombang 14 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan acara pembukaan dan peresmian Kegiatan PMM di Desa Bakalan,  Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Pada saat acara pembukaan kegiatan PMM di Desa Bakalan, pembatasan hadirin menjadi salah satu hal yang Kelompok 42 ini perhatikan demi menjalankan protokol kesehatan selama pandemi ini yaitu hanya menghadirkan Kepala Desa Bakalan, sekertaris desa, perangkat/staf desa, perwakilan dari setiap kasun serta perwakilan dari ibu-ibu PKK Desa Bakalan.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Mahasiswa Muhammadiyah Malang ini ditujukan untuk masyarakat Desa Bakalan, Grogol. Kegiatan ini dilakukan secara berkelompok yang beranggotakan Mahasiswa dari jurusan Psikologi dan Teknik Sipil semester 5. Kelompok PMM 42 ini mengusung tema "pengek Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19".

Penyuluhan mengenai Covid-19 dilakukan sebagai bentuk edukasi mengenai cara mencgah penularan virus ini agar dapat terhindar dari resiko penularan. Dan selama kegiatan para mahasiswa selalu mengingatkan agar selalu menggunakan masker saat bertemu dengan orang lain dan membiasakan mencuci tangan, bukan hanya itu mahasiswa juga membagikan poster kepada masyarakat agar selalu mengingat apa saja yang harus mereka lakukan agar terhindar dari penyebaran virus ini.

Kelompok 42 mempaparkan kegiatan yang akan mereka lakukan di Desa Bakalan, yaitu membuat tempat cuci tangan di setiap sudut desa yang sering di kunjungi oleh warga seperti pasar, sekolah dan beberapa tempat lain.

Kegiatan lain dan program kerja utama dari kelompok ini adalah melakukan teknik pembelajaran untuk Siswa SD, dan hal itu disambut dengan antusias oleh warga desa. Para orangtua yang seringkali sibuk bekerja merasa kewalahan dalam membimbing anakya yang sedang melakukan sekolah online, dan banyak orang tua di Desa Bakalan ini mengeluhkan bahwa anak mereka yang lebih sering bermain Hp daripada mengerjakan tugas mereka, sehingga sering para orangtualah yang mengerjakannya.

Dalam sambutan yang diberikan oleh Bapak Kepala Desa (Supriono) "semoga kegiatan PMM ini berjalan dengan lancar , saling membantu agar bermanfaat bagi Mahasiswa dan kepada Warga desa Bakalan dengan program2 yang sudah direncanakan". Beliau dan warga desa yang hadir mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok ini akan sangat bermanfaat dan dapat memberikan tambahan wawasan bagi orangtua mengenai bagaimana teknik pembelajaran yang dapat dilakukan dalam membimbing anak yang sedang bersekolah online.

VIDEO PILIHAN