Mohon tunggu...
Alvin Habibi
Alvin Habibi Mohon Tunggu... Publikasi selama kegiatan PMM

haloo....

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Asah Kreativitas, PMM 79 UMM Membuat Masker Bersama Ibu-ibu PKK di Masa Pandemi Covid 19.

25 September 2020   14:56 Diperbarui: 25 September 2020   15:12 29 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asah Kreativitas, PMM 79 UMM Membuat Masker Bersama Ibu-ibu PKK di Masa Pandemi Covid 19.
Ibu-Ibu PKK

Blitar -  Sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang sedang menjalani Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Kalitengah, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar Jawa timur (PMM79 KALITENGAH) dengan bertemakan "Menuju Masyarakat Produktif Di Masa Pandemi COVID-19 Era New Normal”. Tema tersebut dipilih agar masyarakat di desa kalitengah menjadi lebih produktif ditengah pandemi yang terjadi sekarang. 

Berdasarkan data lapangan yang menunjukkan bahwa penyebaran virus covid19 di Indonesia terus bertambah maka pemerintah memberlakukan penerapan New Normal atau tatanan kehidupan yang baru setelah sebelumnya menerapkan lockdown karena penyebaran virus yang begitu cepat yang menyebabkan perekonomian di Indonesia menjadi buruk. oleh karena itu pemerintah menerapkan sisten New Normal ini agar masyarakat Indonesia tidak mengalami kesulitan perekonomian. selain itu untuk menunjang sistem ini pemerintah juga memberikan himbauan untuk tetap mematuhi protocol kesehatan yang telah diberlakukan sebelumnya. 

Mengingat adanya peraturan pemerintah dimasa New Normal ini yaitu masyarakat bisa tetap melakukan aktifitasnya dengan mematuhi protocol kesehatan yang telah diberlakukan yaitu tetap menjaga jarak 1 meter, memakai masker dan handsanitizer ketika berpergian. Namun, terlihat masih banyak orang yang melanggar peraturan tersebut seperti tidak memakai masker dengan alasan harga masker yang melonjak tinggi sejak adanya virus Covid-19, hal inilah yang menyebabkan meningginya angka penularan virus di Indonesia. 

Oleh karena itu kelompok mahasiswa UMM berkolaborasi dengan Ibu-Ibu PKK untuk mengasah kretifitasnya dengan membuat masker bersama-sama. Selain untuk mengasah kreatifitas membuat masker tersebut juga bisa membuat masyarakat desa kali tengah terutama ibu-ibu menjadi lebih produktif. kegiatan pembuatan masker bersama ibu-ibu PKK ini dilakukan pada Rabu, 16-17 September 2020 bertempat di salah satu rumah ibu-ibu PKK di Desa Kalitengah. 

Masker Non Medis
Masker Non Medis

Beberapa program kerja yang kita lakukan di desa kalitengah ini disambut dengan hangat oleh ibu-ibu desa Kalitengah, terbukti ketika kegiatan berlangsung ibu-ibu terlihat antusias membuat masker tersebut. Selain membuat masker salah satu ibu PKK bersedia untuk mengajari sekelompok mahasiswa untuk belajar menjahit masker tersebut. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarat sekitar dapat lebih produktif dan tetap mematuhi protocol kesehatan yang telah diberlakukan oleh pemerintah untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus Covid-19.

VIDEO PILIHAN