Mohon tunggu...
PMM 69UMM
PMM 69UMM Mohon Tunggu... Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa UMM

bismillah PMM UMM

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Mahasiswa PMM 69 UMM bersama Warga Menanam Bibit Kenanga di Sepanjang Jalan Desa Slamet

17 September 2020   13:50 Diperbarui: 17 September 2020   13:59 4 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa PMM 69 UMM bersama Warga Menanam Bibit Kenanga di Sepanjang Jalan Desa Slamet
Mahasiswa PMM UMM Kerja Bakti Bersama Warga (dokpri)

Malang - Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 69 dengan Rini Pebri Utari,S.Pd.,MT selaku dosen pembimbing lapangan, melanjutkan Aksi Peduli Lingkungan setelah melakukan program rutin di Bank Sampah Desa Slamet, Kecamatan Tumpang yang telah dimulai Sabtu (22/8/2020).

Aksi Peduli Lingkungan tersebut disesuaikan dengan tujuan awal dilakukannya Pengabdian Masyarakat oleh Kelompok 69 PMM UMM yakni berupa pelaksanaan program “Nanam Yuk!” ditambah dengan program kerja bakti bersama warga Desa Slamet.

Setelah sebelumnya melakukan koordinasi dengan Perangkat Desa Slamet, Kelompok 69 PMM UMM menyetujui untuk melanjutkan serta membantu program desa untuk melestarikan lingkungan, yakni dengan diadakannya penanaman bibit bunga kenanga di sepanjang jalan wilayah Desa Slamet.

Program ini kemudian dikembangkan menjadi program “Nanam Yuk” yang dilaksanakan 13 September 2020 kemarin bersama dengan warga Dusun Glanggang, Desa Slamet. Penanaman bibit bunga kenanga dilanjutkan ke arah timur sesuai dengan arahan penanggung jawab dari perangkat desa, sehingga dapat melanjutkan penanaman yang kemarin sempat tertunda dikarenakan belum tersedianya bibit tersebut.

Melalui kerja bakti bersama warga Dusun Glanggang dan Kelompok 69 PMM UMM, program “Nanam Yuk!” kemudian dilaksanakan dengan penanaman 50 bibit tanaman bunga kenanga yang ditanam di sepanjang jalan Dusun Glanggang di bagian kiri maupun kanan jalan.

Mahsiswa UMM Bersama Warga Mengisi Tanah di Polybag (dokpri)
Mahsiswa UMM Bersama Warga Mengisi Tanah di Polybag (dokpri)
Sebagai upaya pelestarian lingkungan di wilayah Desa Slamet, Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 69 UMM turut serta melaksanakan kerja bakti pertama yang dilaksanakan lebih dahulu sebelum program “Nanam Yuk!”, yakni pada tanggal (6/9/2020) kemarin yang berlokasi di “Kampung Rosella”, Desa Slamet.

Kerja bakti yang dilaksanakan pada hari Minggu tersebut, diadakan guna membersihkan lingkungan, mencegah sumbatan pada selokan yakni dengan pembuatan penutup selokan dari bambu, dan mempersiapkan media tanam untuk penanaman bibit yang nantinya akan digunakan warga untuk budidaya tanaman seperti tomat dan rosella untuk digunakan sebagai upaya meningkatkan perekonomian desa.

Mahasiswa UMM Bersama Warga Menanam Bibit Kenanga 
Mahasiswa UMM Bersama Warga Menanam Bibit Kenanga 
Dengan adanya program yang bertemakan “Aksi Peduli Lingkungan”, Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 69 UMM berharap bahwa seluruh program yang telah dilaksanakan dan rutin dijalankan tersebut dapat bermanfaat untuk memajukan wilayah Desa Slamet. Sehingga, dengan adanya penanaman bibit kenanga sepanjang jalan dan program kerja bakti, maka otomatis dapat meningkatkan pelestarian lingkungan baik dalam bidang lingkungan dan peningkatan perekonomian warga Desa Slamet kedepannya.

VIDEO PILIHAN