Piter Julius Vero
Piter Julius Vero

Sosok ramah dan selalu menebar senyum kapanpun dan dimanapun. Owner PJV Network dan Sepenggal info

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

6 Tips Mudik untuk Mahasiswa

30 Juni 2016   06:39 Diperbarui: 30 Juni 2016   07:31 143 1 0

Tak terasa sudah mendekati hari raya Idul Fitri, ada tradisi unik di Indonesia jika sudah mendekati hari raya idul fitri yaitu Mudik atau pulang kampung. Ya, siapa yang tidak tahu istilah mudik atau pulang kampung , hampir semua orang di Indonesia melaksanakan tradisi ini, mulai dari kalangan umum, wiraswasta, pegawai pemerintahan,dan termasuk Mahasiswa. Bicara tentang Mahasiswa, berikut ini ada 6 tips mudik untuk Mahasiswa :

1. Sebelum mudik, pastikan semua mata kuliah sudah selesai . Ini penting,karena jangan sampai ketika kita sudah nyaman dikampung halaman tiba - tiba dosen sms bahwa ada perkuliahan lagi, jadi sebelum kamu mudik pastikan bahwa satu per satu mata kuliah sudah selesai . Biasanya rata-rata dosen mengakhiri perkuliahan h-7 sebelum hari raya idul fitri.

2. Pamit sama bapak/ibu kost, Langkah kedua adalah berpamitan dengan pemilik kost, kenapa harus berpamitan? hal ini untuk mengantisipasi adanya maling,jadi apabila ada gerak gerik mencurigakan dikamar kost kamu maka pemilik kost bisa tahu. Banyak pengalaman teman-teman saya yang kost nya di satroni maling meski pemilik kost ada. Ini karena pemilik kost mengira bahwa yang ada dikamar kost tersebut merupakan anak kostnya. Pemilik kost tidak tahu kalau ternyata kamu sudah pulang kampung halaman / mudik.

3. Bawa barang perkuliahan yang penting, sebelum mudik jangan lupa untuk membawa barang penting seperti Notebook / Laptop,dsb. Tips ini penting untuk mengantisipasi jika dosen memberikan THR ( Tugas Hari Raya) dadakan , jadi kamu tetap bisa membuat tugas meski sudah dikampung halaman sekalipun tugasnya dadakan.

4. Matikan dan cabut perangkat listrik, langkah ke empat adalah mematikan dan mencabut semua perangkat yang terhubung dengan listrik, jangan biarkan Magic Jar, televisi, mesin air, atau mesin cuci tetap hidup saat kamu tinggalkan mudik, juga jangan lupa untuk mematikan dan dan mencabut selang kompor dari tabung gas untuk menghindari kebakaran karena lupa mematikan kompor. Jika menggunakan pulsa listrik prabayar, maka akan lebih baik sekring ikut dimatikan supaya lebih hemat pulsa.

5. Mudiklah bersama teman jika daerah yang akan kamu lintasi rawan kejahatan. Untuk menghindari aksi begal, perampokan, dsb usahakanlah untuk mudik bareng teman atau siang hari dimana keadaan jalanan masih ramai . Kawanan begal dan rampok akan berpikir dua kali jika ingin merampok / membegal jika kamu mudiknya konvoi bersama teman.

6. Keep Safety riding, yang terakhir ini akan menjamin kamu sampai dengan selamat dikampung halaman,  mudiklah dengan aman dan jangan memacu kendaraan kamu secara ugal ugalan dijalanan, ini akan membahayakan kamu dan juga orang lain dan berakibat fatal jika kamu mengalami kecelakaan , selain menambah beban kedua orang tua, hal ini juga akan menambah beban SKS perkuliahan kamu.

Demikianlah 6 tips mudik untuk Mahasiswa, tetap semangat menjalani aktivitas kampusmu ya calon penerus pemimpin bangsa dan selamat menikmati libur panjang, minal aidin walfaidzin maaf lahir dan bathin. :)