Mohon tunggu...
Petrus Pit Duka Karwayu
Petrus Pit Duka Karwayu Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis Jalanan

Jika kamu tidak bisa membuat orang lain kagum dengan kepintaranmu, maka paling tidak kamu dapat membuat mereka bingung dengan kebodohanmu.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Gua!

1 Oktober 2021   08:47 Diperbarui: 1 Oktober 2021   08:51 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.vice.com/en/article/qvaj7w/indonesias-anti-communist-museum-is-a-spooky-confusing-place

Tentang Gua

Untuk kita semua para petualang.

Salam hangat!

Kita tentu pernah mendengar kisah tentang petualangan tiga penjelahajah Prancis pada Desember 1994 di sepanjang Sungai Ardche. Mereka menemukan ventilasi udara yang mereka pikir mungkin merupakan bukti gua yang belum ditemukan. Mereka menemukan celah kecil dan turun ke dalam jaringan kamar yang tertutup lapisan kalsit yang berkilauan. Tetapi keindahan alam yang menakjubkan hanyalah penemuan pertama. Mereka segera menyadari bahwa mereka bukanlah pengunjung manusia pertama gua itu.

Ribuan tahun yang lalu, sebelum mulut gua runtuh, manusia prasejarah meninggalkan jejaknya dengan menutupi dinding dengan lukisan binatang yang sudah lama punah. Gua Chauvet (dinamai salah satu penjelajah) sekarang dianggap berisi beberapa lukisan prasejarah tertua yang pernah diketahui para arkeolog sekitar 30.000 tahun.

Ketika gua itu ditemukan, para arkeolog sudah memiliki pengalaman tentang efek destruktif pengunjung pada lukisan gua di Lascaux (Prancis) dan di Altamira (Spanyol). Karena alasan ini, gua Chauvet tidak pernah dibuka untuk umum, dan hanya sejumlah kecil ilmuwan dan arkeolog yang diizinkan masuk. Karena tidak semua dapat memiliki akses ke dalamnya, sebuah film dokumenter Cave of Forgotten Dreams dibuat. Tidak seperti film dokumenter arkeologis pada umumnya yang menyoroti aspek sensasional untuk membombardir penonton dengan rekonstruksi dan dramatisasi. Jelas menghibur, tetapi pesan yang mendasarinya,

"Orang-orang prasejarah tidak seperti kita; mereka berbeda dan aneh". Sedang dalam Cave of Forgotten Dreams, gua mendapat sorotan. Pesannya jelas, "Gua adalah bagian yang menakjubkan dari sejarah manusia", dan elemen manusia adalah aspek yang kuat dari film ini.

Orang-orang masa lalu, terutama prasejarah, sering disajikan kepada publik seolah-olah mereka adalah pameran di kebun binatang, dan bahkan di antara para arkeolog akademis, kemanusiaan subjek mereka sering hilang di tengah angka, teori, dan ambisi. Cave of Forgotten Dreams mengingatkan bahwa ketertarikan kita pada manusia prasejarah terletak pada kemanusiaannya dan juga pada misterinya.

Kita dapat mengidentifikasi sidik jari seorang pria lajang karena jari kelingkingnya yang bengkok. Ada sesuatu yang sangat mengharukan tentang sidik jari itu, apakah jejak yang dilukis di dinding gua atau sidik jari di tembikar. Ada sesuatu yang sangat pribadi di dalamnya. Kita dapat melihat seorang individu, tetapi apa yang kita ketahui tentang orang tersebut? Apa ketakutannya? Apa mimpinya?

Cave of Forgotten Dreams bukanlah film dokumenter biasa--- bukan pelajaran atau argumen, tapi pengalaman. Bukan tentang studi prasejarah dan kecanggihannya, tapi dan di atas segalanya, kemanusiaan.

Para sahabat! Kisah tentang Cave of Forgotten Dreams membuat saya teringat pada Gua Sibone di Adagai, Alor Timur Laut. Saya ingat sewaktu kanak-kanak banyak tetangga bahkan ibu suka berkisah tentang kepahlawanan seorang tentara yang membunuh secara membabi buta para "Suanggi" di Alor dan dibuang ke dalam Gua Sibone. Kisah ini bagai legenda yang terus didongengkan--- dan tentang kepahlawanan seorang tentara tentunya. Namun ketika duduk di bangku kuliah sebuah pertanyaan muncul, "Mengapa tentara pada zaman itu mudah sekali mengangkat senjata dan membunuh?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun