Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Wiraswasta - Belajar Menulis

Belajar menulis dan suka membaca. Saat ini bekerja di Yayasan Palung

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

YP dan Kelompok Binaan Tanam 2500 Pohon di Lahan Eks Kebakaran

6 Oktober 2022   15:45 Diperbarui: 6 Oktober 2022   16:08 84 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Saat melakukan penanaman  pohon. (Foto : Asbandi/SL YP).

Yayasan Palung (YP) melalui Program Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan)  bersama dengan Kelompok Mina Sehati melakukan penanaman 2500 pohon di Dusun Tanjung Gunung, Desa Sejahtera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, pada Kamis (29/9/2022) pekan lalu.

Adapun bibit pohon yang ditanam tersebut adalah bibit tanaman pohon jengkol.  Bibit tanaman pohon tersebut di tanam di eks lahan kebakaran dan kebun masyarakat, dan 50 diantaranya ditanam tepi jalan Dusun Tanjung Gunung ke arah menuju Camp Cabang Panti, Taman Nasional Gunung Palung, kata Asbandi, selaku Asisten Field Officer Program SL YP.

Saat penaman pohon, ada 5 orang anggota Kelompok Mina Sehati dan dari  SL YP 2 orang (Asbandi dan Salmah) yang ikut serta dalam melakukan penanaman pohon tersebut.

Tidak hanya melakukan penanaman di lokasi eks kebakaran, tetapi juga program SL membagikan bibit kepada masyarakat yang ada di dusun Tanjung Gunung, kata Asbandi.

Lebih lanjut, Asbandi, mengatakan, Program SL YP juga membagikan 2500 bibit tanaman jengkol kepada masyarakat di Dusun Tanjung Gunung.

Bibit tanaman jengkol. (Foto :Tim SL Yayasan Palung).
Bibit tanaman jengkol. (Foto :Tim SL Yayasan Palung).

Nantinya, bibit tanamaman jengkol yang dibagi-bagikan tersebut akan mereka tanam di lahan mereka masing-masing, kata Asbandi.

Seperti diketahui, bibit-bibit pohon tanaman jengkol ini merupakan bantuan yang diberikan oleh Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kapuas. Ada 11 ribu bibit tanaman pohon yang diberikan oleh Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kapuas kepada Yayasan Palung.

11 ribu bibit tersebut akan dibagi-bagi. Enam ribu bibit tersebut untuk 6 hutan desa (Pemangat, Rantau Panjang, Penjalaan, Pulau Kumbang, Padu Banjar dan Nipah Kuning). Masing-masing 6 hutan desa mendapat 1000 bibit. Lima ribu bibit untuk dibagikan kepada Program Sustainable Livelihood (Program Mata Pencaharian Berkelanjutan). Tanaman yang dibagikan ke program SL YP akan ditanam di lokasi eks longsor pada tahun 2021 dan sisanya ditanam di lokasi eks kebakaran di Dusun Tanjung Gunung.

Petrus Kanisus-Yayasan Palung

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan