Petrus Kanisius
Petrus Kanisius karyawan swasta

Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Hijau highlight

Ekspedisi Menjelajahi Hutan Sembari Menanam Pohon di Kawasan Penyangga Gunung Palung

2 Agustus 2017   17:15 Diperbarui: 2 Agustus 2017   17:18 439 3 1
Ekspedisi Menjelajahi Hutan Sembari Menanam Pohon di Kawasan Penyangga Gunung Palung
Menjelajahi hutan menuju bivak selanjutnya penanaman pohon. Foto dok. Sispala Genta

Seperti biasa, Sispala Genta SMK Neger 1 Ketapang selalu rutin setiap tahunnya  melakukan  kegiatan ekpedisi, kali ini ekspedisi dilaksanakan dalam rentang waktu tiga hari (29-31 /7/ 2017), pekan lalu, di Tebing Penage kawasan Penyangga, Taman Nasional Gunuung Palung (TNGP) di Kayong Utara, Kalbar.

Kegiatan tersebut juga sekaligus pengukuhan anggota baru angkatan ke-6 Sispala Genta (Gerakan Pencinta Alam). Kegiatan tersebut mereka laksanakan dalam Ekspedisi Sispala pun dimulai pada Sabtu (29/7/2017) dengan menjelajahi hutan (fieldtrip) dari Bentangor menuju Tebing Penage degan melintasi bukit Peramas dengan jarak tempuh 4 jam perjalanan.

Setelah menyelesaikan perjalanan dan tiba ditepian sungai kecil (Air Intan), selanjutnya peserta dan panitia mendirikan bivak (tempat bermalam) di sekitaran kaki Bukit Peramas kemudian istirahat dan menikmati keindahan alam.

Saat pengarahan dari pendamping dan panitia kepada peserta. Foto dok. Sispala Genta
Saat pengarahan dari pendamping dan panitia kepada peserta. Foto dok. Sispala Genta

Malam Hari diisi dengan evaluasi perjalanan dan pemberian materi tentang Taman Nasional Gunung Palung dan Isu-isu Lingkungan serta materi terkait perlindungan kawasan dan orangutan, materi presentasi diisi oleh Hendri dari Yayasan Palung dan Nur Rohman dari Balai Taman Nasional Gunung Palung (BTNGP).

Peserta menuruni batu penage. Foto dok. Sispala Genta
Peserta menuruni batu penage. Foto dok. Sispala Genta

Adapun mengapa muatan materi tersebut perlu disampaikan, dengan maksud anggota baru Sispala Genta dapat belajar bersama dan mengenalkan terkait apa saja yang perlu dilakukan untuk lingkungan dan menumbuhkan semangat cinta terhadap lingkungan tidak terkecuali taman nasional dengan keanekaragamannya.

Peserta ekspedisi dibekali materi tentang perlunya perlindungan kawasan dan orangutan. Foto dok. Sispala Genta
Peserta ekspedisi dibekali materi tentang perlunya perlindungan kawasan dan orangutan. Foto dok. Sispala Genta

Keesokan Harinya (30/7/2017) mereka yang terdiri dari 17 anggota sispla yang baru dan 13 panitia dan pendamping melanjutkan kegiatan Survival dan mountaineering di area Tebing Penage, siang harinya mereka melanjutkan perjalanan menuju Pantai Mak Bagok dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari tebing penage kemudian mendirikan bivak dan istirahat, malam harinya kegiatan jurit malam dan pengukuhan anggota baru Sispala Genta SMK Negeri 1 Ketapang.

Dalam kegiatan tersebut hadir juga  pendamping Sispala GENTA, Eriyadi Rasyid  dan dari Yayasan palung,  Hendri Gunawan, Nur Rohman dari BTNGP dan Rudy Hartono (Yayasan Palung dan FPTI Ketapang).

Pada hari terakhir, Senin (31/7/2017), peserta dan panitia, Sispala Genta menyempatkan diri untuk  melakukan penanaman bibit pohon di lokasi hutan kawasan Mak Bagok  sebanyak 10 bibit yang terdiri dari bibit durian, nyatoh dan tengkawang.

 Segenap rangkaian kegiatan ekspedisi tersebut berjalan baik, tidak kurang satu apapun dan berjalan sesuai dengan rencana. Selanjutnya panitia dan peserta melanjutkan hiking (perjalanan) menuju Bentangor dan kemudian pulang ke Ketapang dengan menggunakan kendaraan Satpol PP Ketapang. Petrus Kanisius- Yayasan Palung