Mohon tunggu...
Petrus Kanisius
Petrus Kanisius Mohon Tunggu... Belajar Menulis

Belajar menulis, suka membaca dan jalan-jalan ke hutan

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Asyiknya Belajar Bersama Relawan Tentang Radio, Menulis untuk Berbicara

20 September 2016   14:07 Diperbarui: 21 September 2016   03:06 0 7 2 Mohon Tunggu...
Asyiknya Belajar Bersama Relawan Tentang Radio, Menulis untuk Berbicara
Peserta pelatihan radio mendengarkan penjelasan dari pemateri pelatihan. Foto dok. Yayayasan Palung

Asyiknya belajar bersama, setidaknya itulah yang kami rasakan saat kami belajar tentang radio bersama  Relawan Bentangor untuk Konservasi (REBONK) dan peserta undangan dari Yayasan ASRI. Kegiatan tersebut diadakan di Kantor Bentangor, Yayasan Palung di Desa Pampang Harapan, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar, kegiatan dilaksanakan pada Sabtu hingga Minggu (17-18/9/ 2016), kemarin.

Dalam kata sambutannya, Edward Tang, selaku koordinator Pendidikan Lingkungan dan Media Kampanye mengatakan, adapun tujuan dari pelatihan tersebut  tidak lain adalah  pertama, Meningkatkan pengetahuan peserta dalam bidang lingkungan hidup. kedua, Melatih perserta pemula untuk bisa melakukan siaran di radio-radio lokal dan untuk meningkatkan peran serta relawan konservasi untuk dapat mendukung program kampanye Yayasan Palung, dan radio lokal Kabupaten Kayong Utara.

Penjelasan materi dasar-dasar tentang radio dan penyiaran. Foto dok. Yayasan Palung
Penjelasan materi dasar-dasar tentang radio dan penyiaran. Foto dok. Yayasan Palung
Pelatihan radio tersebut, mengetengahkan materi-materi dasar  tentang radio. Salah satunya adalah materi tentang visi dan misi penyiaran radio di Indonesia lebih khusus di daerah. Selanjutnya juga materi tentang teknik dasar siaran radio, pembuatan skript radio praktek sekaligus juga produksi siaran radio. Para pemateri menekankan kepada peserta pelatihan radio sebaiknya sesuai dengan skript (naskah) agar peserta saat siaran  tidak terpaku kepada naskah, bukan menulis untuk membaca, tetapi menulis untuk berbicara.

Penjelasan tentang pembuatan skript (naskah) berdasarkan kaedah jurnalistik. foto dok. Yayasan Palung
Penjelasan tentang pembuatan skript (naskah) berdasarkan kaedah jurnalistik. foto dok. Yayasan Palung
Kegiatan pelatihan radio tersebut menghadiri narasumber atau pemateri dari Kabid Kominfo Dishubkominfo KKU, bapak Lahwan.  Bapak Lahwan sekaligus juga sebagai ketua Radio Kayong Utara (RKU), radio pemerintah daerah. Selain bapak Lahwan, hadir juga Pemateri Seperti Desi Kurniawati (dari Yayasan Palung sekaligus sebagai penyiar radio di Ketapang) dan Petrus Kanisius (dari Yayasan Palung).

Mengapa pelatihan radio diadakan di Kabupaten Kayong Utara?. Salah satu jawabannya di wilayah tersebut, saat ini telah berdiri radio RKU yang boleh dikatakan sebagai media baru yang ada bagi masyarakat dan saat ini jika boleh dikata memerlukan penyiar-penyiar baru sebagai sukarelawan untuk menyampaikan beragam arus informasi di daerah kepada masyarakat didaerah tersebut pula.

praktekteknik-dan-produksi-siaran-radio-foto-dok-yayasan-palung-jpg-57e0de944023bd725fdb99c2.jpg
praktekteknik-dan-produksi-siaran-radio-foto-dok-yayasan-palung-jpg-57e0de944023bd725fdb99c2.jpg
Sedangkan hasil yang diharapkan dari pelatihan radio tersebut, menurut Desi Kurniawati tidak lain sebagai ;  Teori Penyiaran  : Dalam proses penyiaran terori hanya menjadi dasar untuk menambah skill dan sebagai bahan dalam mempersiapkan sebuah siaran dan diperkirakan bahan ini harus dimiliki setiap penyiar hanya sekitar 30%  dengan waktu belajar hanya dua kali pertemuan. Lebih lanjut menurut Desi, sapaan akrabnya mengatakan, praktek siaran terdiri dari kemampuan, warna vokal, dan jam terbang dalam melakukan penyiaran  setidaknya harus memenuhi 70% nya. Dengan kata lain, peltihan ini untuk mengasah kemampuan menjadi penyiar dengan mengisi jam siaran yang berkerja sama dengan Radio Kabupaten Kayong Utara.

Sebanyak 20 orang peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan radio yang diadakan selama dua hari tersebut, mereka terdiri dari relawan dan dua orang peserta dari Yayasan ASRI ikut hadir dalam acara pelatihan radio atau lebih tepatnya belajar bersama tentang dasar-dasar radio yang diselenggarakan oleh Yayasan Palung.

Penyerahan sertifikat bagi peserta pelatihan radio. Foto dok. Yayasan Palung
Penyerahan sertifikat bagi peserta pelatihan radio. Foto dok. Yayasan Palung
Dalam kegiatan tersebut, terlihat antusias dari para peserta. Sebelum kegiatan berakhir, panitia dari panitia pelatihan (Hajeral, Suryandi dan Wawan Anggriandi) menyiapkan sertifikat untuk para peserta pelatihan radio.

Para peserta berfoto bersama setelah kegiatan berakhir. Foto dok. Yayasan Palung
Para peserta berfoto bersama setelah kegiatan berakhir. Foto dok. Yayasan Palung
Kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan rencana dan mendapat sambutan baik dari para peserta pula, sebelum kegiatan berakhir, para peserta berfoto bersama. Mereka berharap semoga dilain waktu ada kegiatan serupa bagi mereka sebagai peningkatan kapasitas mereka sebagai relawan konservasi RebonK.

Petrus Kanisius- Yayasan Palung

KONTEN MENARIK LAINNYA
x