Mohon tunggu...
Pipin Laras Ati
Pipin Laras Ati Mohon Tunggu... EXO-L

Sastra, Budaya, dan Cerita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Masih Bingung Cari Wisata Edukasi yang Murah di Kota Yogya? Yuk ke Dermaga Cinta Kali Gajah Wong Aja!

13 April 2021   12:01 Diperbarui: 13 April 2021   12:08 70 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masih Bingung Cari Wisata Edukasi yang Murah di Kota Yogya? Yuk ke Dermaga Cinta Kali Gajah Wong Aja!
Dermaga Cinta Kali Gajah Wong (dokpri)

Wisata murah dan mengedukasi tentu menjadi incaran bagi setiap wisatawan. Apalagi saat budget sedang cekak alias pas-pas an, objek wisata murah meriah dan gratis tentu saja menjadi pilihan utama, salah satunya adalah tempat wisata yang satu  ini. Dermaga Cinta Kali Gajah Wong,  itulah sebuah sebutan bagi wisata air yang berlokasi di Kota Jogja bagian selatan tepatnya di Jalan Werkudara, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini cukup mudah diakses oleh wisatawan baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, jarak dari pusat kota sekitar 6 km. Bermula dari lingkungan yang kumuh dan kurang terawat, tempat wisata ini diubah menjadi tempat wisata yang sangat recommended untuk dijadikan objek pilihan untuk menghabiskan akhir pekan. Hal ini tentunya tidak luput dari campur tangan masyarakat sekitar serta adanya berbagai dukungan dari pihak eksternal untuk mengembangkan objek wisata tersebut agar memiliki nilai kebermanfaatan dari segala aspek, tak terkecuali aspek lingkungan dan aspek sosial ekonomi.

 Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung tidak dikenakan tarif sepeserpun, alias gratis. Objek wisata ini merupakan satu-satunya wisata di Kota Jogja yang menyediakan kapal. Dalam hal ini kapal seakan-akan sudah menjadi icon/identitas tersendiri dari objek wisata Dermaga Cinta Kali Gajah Wong. Dengan biaya Rp5000 untuk orang dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak, wisatawan sudah dapat menikmati dan merasakan arus Sungai Kali Gajah Wong. Namun tak lengkap rasanya apabila wisatawan belum merasakan kuliner khas pinggir kali, yakni Soto cinta yang diracik dan disajikan oleh masyarakat setempat. Kuliner ini seakan-akan cocok dinikmati dengan suasana pinggir kali yang khas dengan udaranya yang segar.

Objek wisata ini berdiri pada tahun 2016 atas inisiatif masyarakat sekitar untuk memanfaatkan sumber daya alam berupa Kali Gajah Wong. Awal rintisan objek wisata ini diawali dengan kegiatan tubing dan dinamai Tirta Wolulas. Pemberian nama ini bukan semata-mata tanpa arti, sebutan tersebut mengandung dua arti, yang pertama pengelola (RT 18) dan yang kedua yaitu memiliki arti wong lugu lan ikhlas. Dalam Bahasa Indonesia istilah tersebut dapat diartikan sebagai orang yang bersahaja/apa adanya/tidak banyak tingkah serta memiliki kepribadian yang ikhlas. Lalu pada tahun 2019 hingga saat ini objek wisata ini berganti nama menjadi Dermaga Cinta Kali Gajah Wong.

Objek wisata Dermaga Cinta Kali Gajah Wong sangat recommended untuk dimasukkan ke dalam list menghabiskan akhir pekan dengan keluarga. Selain murah, lingkungannya pun cukup bersih dan sejuk. Fasilitas yang disediakan di objek wisata Dermaga Cinta Kali Gajah Wong juga dapat dikatakan lengkap dan terawat. Fasilitas yang telah disediakan di objek wisata tersebut antara lain kamar mandi, musholla, parkiran, tempat kuliner, panggung, dan lain sebagainya. Wisata tersebut bukan hanya sekadar wisata biasa, namun kita juga dapat mengedukasi anak-anak bahwa kita harus mencintai alam (kali). Kita tidak boleh merusak alam, misalnya saja membuang sampah di kali. Hal ini memiliki arti bahwa manusia dan alam mrupakan satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Apabila kita berkelakuan baik kepada alam, maka alam pun juga akan memberikan feedback baik kepada manusia.

            GAJAH WONG TANGGUH WISATA 

VIDEO PILIHAN